Internasional

Perang Dagang, Trump Sebut Telah Bicara dengan Presiden China

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
02 November 2018 - 06:54
Perang Dagang, Trump Sebut Telah Bicara dengan Presiden China
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada hari Kamis (1/11/2018) mengatakan telah berbicara dengan Presiden China Xi Jinping menganai kekhawatiran terkaitĀ perang dagang yang makin panas antara dua negara dengan perekonomian terbesar di dunia itu.

Dalam sebuah tweet di akun media sosial Twitter-nya, Trump mengatakan ia telah melakukan "pembicaraan yang sangat panjang dan baik" dengan sang pemimpin China itu, "dengan penekanan pada perdagangan."



Ia menambahkan bahwa "pembicaraan itu berlangsung dengan baik" jelang rencana pertemuan kedua pemimpin di acara G20 di Argentina akhir bulan ini.


Belum jelas kemajuan seperti apa yang telah dibuat kedua pemimpin dalamĀ upaya memecah kebuntuan mengenai bagaimana mereka akan meredakan kemarahan Trump kepada Beijing dan saling menurunkan bea impor.

Pembicaraan antara AS-China telah menemui jalan buntu karena Gedung Putih mendesak Beijing mengakhiri upaya pencurian hak kekayaan intelektual yang diduga dilakukan perusahaan-perusahaan China serta menurunkan surplus perdagangannya dengan AS. China sejauh ini tidak tampak ingin membuat pengecualian besar, tulis CNBC International.



Xi berbicara dengan Trump atas permintaan Presiden AS itu, menurut laporan media pemerintah China.

Xi mengatakan AS dan China harus mendorong tercapainya solusi yang dapat diterima kedua pihak terkait ekonomi dan isu perdagangan. Ia juga menambahkan bahwa dirinya menantikan pertemuan dengan Trump di Argentina.


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading