Rapat Harga BBM Jonan-DPR Makin Panas, Gerindra Walk Out!

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
24 October 2018 16:07
Rapat soal harga bbm antara Jonan dan DPR makin panas, Gerindra putuskan walk out
Jakarta, CNBC Indonesia- Rapat kerja antara Komisi VII DPR RI dan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) yang diagendakan membahas soal penundaan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) semakin panas.

Rapat yang dijadwalkan berlangsung pukul 14.00 WIB ini sudah dihadiri lengkap oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan dan jajarannya, namun begitu rapat dibuka dan Jonan belum sempat berkata apa-apa rapat tiba-tiba dihujani interupsi oleh fraksi Gerindra di Komisi VII DPR RI.

[Gambas:Video CNBC]


Beradu pendapat beberapa menit, akhirnya pimpinan rapat memutuskan untuk menskors terlebih dahulu agar rapat lebih kondusif. Jeda 15 menit, skors pun dicabut. Pimpinan rapat kemudian mengatakan rapat akan digelar tertutup.



"Lobi para pimpinan dan anggota belum mencapai kesepakatan, tapi saya selaku pimpinan memutuskan dapat kita teruskan dengan agenda tetap adalah tertutup sesuai pasal yang diatur dalam tata tertib," kata pimpinan rapat Ridwan Hisjam, Rabu (24/10/2018).

Tapi keputusan ini langsung ditolak oleh Fraksi Gerindra. "Kenapa pakai rahasia-rahasiaan kepada rakyat? Kita ingin terbuka kepada rakyat kan ini tidak ada rahasia-rahasianya masalah BBM harus transparan kepada rakyat. Pimpinan dengan palu dibuka ketok, sekarang tertutup lagi. Jadi waduh, kita sangat berat untuk terima kondisi buka tutup," ujar Ramson Siagian sebagai perwakilan fraksi.

Ia bahkan menegaskan daripada setengah-setengah, lebih baik dibatalkan rapat sore ini. "Tidak ada yang perlu dirahasiakan, saya meminta terbuka," katanya.

Ini lalu ditambahkan oleh rekan sefraksi Ramson, Kardaya Warnika yang pernah menjabat sebagai Dirjen Migas. "Kami walk out, dari Gerindra kalau perlu kami minta agar harga bisa turun," katanya.

Sementara, Adian Napitupulu justru bersuara lantang agar pembahasan soal harga BBM ini tidak perlu dilanjutkan karena sudah 'basi'. "Tidak perlu dibahas, tidak penting apa urgensinya?" kritik Adian.
(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading