Ini Alasan Indomie & Kapal Api Dipromosikan Alibaba

News - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
13 October 2018 18:23
Promosi ini diharapkan akan membuka jalur pemasaran yang lebih luas lagi bagi berbagai produk dalam negeri.
Nusa Dua, CNBC Indonesia - Sebanyak lima produk asal Indonesia akan dipromosikan di platform belanja online milik raksasa teknologi asal China, Alibaba, dalam Singles Day yang digelar 11 November mendatang.

Singles Day adalah hari belanja online yang memang dipromosikan Alibaba setiap tahun. Promosi ini diharapkan akan membuka jalur pemasaran yang lebih luas lagi bagi berbagai produk dalam negeri.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Triawan Munaf kepada wartawan di Nusa Dua, Bali, Sabtu (13/10/2018), menyebutkan kelima merek produk makanan tersebut, yaitu Kopi Kapal Api (Luwak Drip), Biskuit Richeese (Nabati), Papatonk Prawn Crackers (krupuk udang), Indomie, dan Yang Tyty Sarang Burung Walet.


"Kita mesti siapkan tidak hanya produknya, tetapi [mereknya] sudah dikenal [di China], harganya bersaing, dan juga kualitasnya harus bagus sekali," kata Triawan.

Dirinya bersama dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bertemu dengan pendiri Alibaba, Jack Ma, di The Laguna, Nusa Dua, Sabtu. Pertemuan itu terjadi di sela-sela Dana Moneter Internasional (IMF)-Bank Dunia (World Bank/WB) Annual Meetings 2018 yang berlangsung 8-14 Oktober.

Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, Duta Besar Indonesia di Beijing Djauhari Oratmangun, dan juga Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Rosal Roeslani juga ikut ambil bagian dalam pertemuan tersebut.

Dari dokumen Djauhari didapat alasan mengenai pemilihan kelima produk tersebut.

Dasar pemilihan produk-produk tersebut adalah kesiapan stok sebanyak 1 juta paket saat Singles Day, telah terdaftar atau tersedia di platform Alibaba, terutama Tmall, dan didukung rantai pasokan yang kuat untuk mengantisipasi apabila terjadi lonjakan permintaan ekspor.

Selain itu, produk-produk tersebut sudah ada dan siap dijual di China serta merepresentasikan Indonesia dan dapat membawa efek lanjutan ke produk-produk sejenis di segmen itu.

Para perusahaan pemilik merek juga siap melakukan investasi untuk festival Singles Day lainnya, tidak tahun ini saja.

Singles Day adalah hari belanja online yang memang dipromosikan Alibaba setiap tahunnya.

Kelima produk dalam negeri itu akan ditawarkan melalui Tmall.com, sebuah platform bagi pebisnis China maupun global untuk menjual produk-produk mereka kepada konsumen China, Hong Kong, Macau, dan Taiwan. Platform ini dioperasikan oleh Alibaba.

"Tentunya ini suatu langkah awal yang snagat baik karena di sini kita dilibatkan secara langsung dlm proses 11-11 (Singles Day). Kita tidak hanya mempromosikan barang-barang kita tapi dalam rangka meningkatkan kemampuan, skills dari para pengusaha kita, sumber daya manusia kita untuk lihat langsung bagaimana mereka melakukan ini dari segi logistiknya, dari segi company-nya, dari segi promosinya," kata Rosan.

"Ini adalah awal dari kerja sama kita dengan Alibaba dan didukung pemerintah secara penuh dalam tiga tahun ke depan," tegasnya.
(prm/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading