Wow! Crazy Rich Teknologi Kehilangan Rp 242 T dalam Sepekan

News - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
13 October 2018 16:25
Wow! Crazy Rich Teknologi Kehilangan Rp 242 T dalam Sepekan
Jakarta, CNBC Indonesia - Para CEO Facebook, Amazon, Apple, Alphabet dan Netflix kehilangan hampir US$16 miliar (Rp 243 triliun) dari kekayaan pribadi, karena saham teknologi melemah Rabu (10/10/2018) dan Kamis di tengah aksi jual pasar.

CEO Amazon Jeff Bezos paling banyak kehilangan pundi-pundi uang-nya dengan kerugian hampir US$12 miliar, diikuti oleh CEO Alphabet Larry Page pada US$2,3 miliar dan CEO Facebook Mark Zuckerberg rela kehilangan nilai sahamnya turun US$1,7 miliar.

Sementara itu, Reed Hastings dan Tim Cook, kepala eksekutif Netflix dan Apple, bernasib sedikit lebih baik, dengan kerugian masing-masing sebesar US$192 juta dan US$11 juta.

Tentu saja, dibandingkan dengan total kekayaan bersih mereka, turun beberapa juta atau bahkan miliar, adalah kerugian yang relatif kecil bagi para pemimpin teknologi ini. Pada Jumat tengah hari, saham teknologi sudah rebound.


Walaupun Bezos menerima pukulan terbesar, ia tetap orang terkaya di dunia, dengan kekayaan bersih US$142 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index. Secara keseluruhan, saham Amazon naik 50% untuk tahun ini, bahkan dengan volatilitas pasar yang terjadi di minggu ini.

Dow Jones Industrial Average turun 800 poin pada Rabu, di tengah kekhawatiran kenaikan suku bunga yang cepat dan potensi perlambatan global. Pada hari Kamis, ditutup 545,9 poin lebih rendah untuk kerugian dua hari lebih dari 1.300 poin.

Bulan oktober memang biasanya merupakan bulan sulit untuk pasar. Namun, minggu ini menandai awal terburuk untuk bulan ini sejak 2008, laporan MarketWatch.

Tapi tetap saja, secara keseluruhan saham teknologi naik 11% tahun ini dan di pimpin oleh Apple dengan kenaikan 20% atau lebih.

Wow! Crazy Rich Teknologi Kehilangan Rp 242 T dalam SepekanFoto: Infografis/Crazy Rich Teknologi Kehilangan Rp 242 T dalam Sepekan/Aristya Rahadian Krisabella
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading