Selandia Baru Kirim Bantuan untuk Korban Gempa Palu

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
05 October 2018 14:47
Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston Peters menyampaikan rasa belasungkawa bagi korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah
Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Selandia Baru Winston Peters menyampaikan rasa belasungkawa bagi korban dan keluarga korbanĀ bencana gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Palu, Sulawesi Tengah.

[Gambas:Video CNBC]
"Kami (Selandia Baru) menyampaikan rasa belasungkawa bagi korban bencana yang baru-baru ini terjadi di Indonesia dan memastikan akan siap membantu baik untuk saat ini maupun untuk ke depannya," katanya dalam acara Joint Ministrial Commission (JMC) kedelapan dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Jumat (5/10/2018).



Kemarin, satu pesawat C130 dari Selandia Baru telah tiba di Balikpapan pukul 20:47 waktu setempat dengan membawa bantuan antara lain generator listrik, terpal, dan water container. Pesawat akan melanjutkan perjalanan ke Palu pada hari ini, kata Retno.


"Khusus mengenai penanggulangan bencana, Indonesia menyampaikan apresiasi atas ucapan dukacita, simpati, dan bantuan yg diberikan New Zealand untuk para korban dan keluarga korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah," kata Retno, tanpa merinci besarnya jumlah bantuan yang diterima Indonesia.

Dilansir dari akun Twitter resmi Kemenko Polhukam RI (@PolhukamRI), tercatat sudah ada 18 negara yang menawarkan bantuan kepada Indonesia, yaitu Amerika Serikat, Prancis, Ceko, Swiss, Norwegia, Hungaria, Turki, Uni Eropa, Australia, Korea Selatan, Arab Saudi, Qatar, New Zealand, Singapura, Thailand, Jepang, India dan China.


Artikel Selanjutnya

Penampakan Udara Kota Palu yang Rusak Akibat Gempa Donggala


(prm)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading