Fans Tewas, Pemain Boikot Go-Jek Liga I Bersama Bukalapak

News - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
25 September 2018 16:25
Fans Tewas, Pemain Boikot Go-Jek Liga I Bersama Bukalapak
Jakarta, CNBC Indonesia - Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) memutuskan untuk menolak bermain di Pekan ke-24 Liga I Indonesia atau dikenal dengan Go-Jek Liga I Bersama Buka Lapak. Boikot itu dilakukan hingga para pendukung membuat Nota Damai Suporter.

Keputusan itu menyusul tragedi pada gelaran pertandingan Persib melawan Persija yang digelar Gelora Bandung Lautan Api, Minggu (23/9/2018). Seperti diketahui, tragedy menewaskan seorang supporter Persija bernama Haringga Sirila.

Dikutip dari detikcom, 15 kapten klub Liga I yang tergabung dalam APPI dan sejumlah anggota lainnya menyampaikan 6 pernyataan yakni:


1. Mengecam segala bentuk kekerasan yang terjadi terlebih merenggut nyawa yang seharusnya sepakbola menjadi sebuah olahraga yang menjunjung tinggi sportivitas.

2. Meminta pihak kepolisian untuk mengusut kasus ini hingga tuntas dengan memberikan hukuman sesuai hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia dan memberikan efek jera tidak hanya bagi pelaku tapi bagi seluruh supporter di Indonesia agar hal ini menjadi yang terakhir kalinya.

3. Mendesak kepada Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk juga dapat memberikan hukuman yang adil yang dapat memberikan efek jera bagi pihak-pihak yang terkait dengan insiden ini, dikarenakan insiden ini telah berulang kali terjadi namun hukuman yang diberikan tidak memberikan dampak bagi pihak-pihak yang terkait tersebut.

4. Meminta kepada seluruh supporter Tim Liga-l Khususnya dan Tim Liga-2 untuk membuat Nota Damai atau kesepakatan bersama untuk memastikan insiden ini tidak terulang kembali, karena Sepakbola Indonesia akan terancam jika insiden ini kembali berulang.

5. Nota Damai tersebut akan di sinergikan dengan stakeholder Sepakbola Indonesia yaitu PSSI, LIB, Kepolisian, dan juga Pemerintah baik Pusat maupun Daerah.

6. Kami Pesepakbola yang tergabung di Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) dan mewakili dari tiap-tiap klub peserta Liga-l tahun 2018 sebagai bentuk belasungkawa atas insiden yang terjadi, dan juga sebagai bentuk desakan kepada supporter, kami sepakat untuk tidak bermain di pekan 24 Liga-l tahun 2018 hingga tercapainya Nota Damai Supporter tersebut.

Dikutip dari Transfrmrkt, klub-klub di Go-jek Liga I Bersama Bukalapak memiliki nilai valuasi pasar 48,22 juta poundsterling atau sekitar Rp 945 miliar, dengan total pemain asing berjumlah 78 orang.

Pernyataan sikap itu dihadiri oleh Wakil Ketua APPI, Andritany Ardhiyasa, dan juga mantan Wakil Presiden APPI yang juga legenda hidup sepak bola Indonesia, Bambang Pamungkas.

"Kami pesepakbola yang tergabung di Asosiasi Pesepakbola Profesional lndonesia (APPI) dan mewakili dari tiap-tiap klub peserta Liga 1 2018," kata Andritany di hadapan media.



(ray/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading