Jokowi Bangun Bandara Sukabumi Rp 400 M Tahun Depan

News - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
21 August 2018 19:32
Dana pembangunan Bandara Sukabumi berasal dari APBN dan APBD.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah Indonesia di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo akan mulai membangun Bandara Sukabumi pada tahun depan. Hal itu dikatakan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Menhub mengungkapkan investasi pembangunan bandara tersebut berkisar Rp 300 miliar hingga Rp 400 miliar.

Dana tersebut, jelas Menhub, berasal dari 70% APBN dan 30% APBD.


"Bandara Sukabumi anggarannya kurang lebih Rp 300-400 miliar, lokasinya di Cikembar, Jawa Barat," ujar Budi kepada media ketika dijumpai di Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Selasa (21/8/2018).

Lebih lanjut, ia mengatakan, pembangunan Bandara Sukabumi merupakan bagian dari program percepatan pembangunan Jawa Barat bagian selatan. Selain bandara, nantinya akan ada pelabuhan, re-aktivasi jalur kereta api Sukabumi, dan pembangunan rel ganda Bogor-Sukabumi lintas Bogor-Yogyakarta.


"Jawa Barat bagian selatan ini kan infrastrukturnya belum dilakukan pembangunan infrastruktur yang maksimal, maka sekarang diinvetaris proyek-proyek apa saja yang dilakukan oleh kementerian. Kalau di tempat saya ada suatu identifikasi terutama di daerah Sukabumi dan Cianjur, kami akan membuat bandara dan reaktivasi rel yang sudah ada. Sehingga orang bisa ke sukabumi lebih cepat dan lebih banyak," terang Budi.

Adapun, untuk pembangunan bandara di Sukabumi ini, sampai sekarang sudah dalam tahap pembebasan lahan. Nantinya, satu runway akan memiliki panjang sekitar 1.600-2.000 meter untuk mengakomodir operasional pesawat ATR. (ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading