Bangun 4 Bandara Baru di 2019, Belanja Kemenhub Capai Rp 41 T

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
20 August 2018 09:00
Bangun 4 Bandara Baru di 2019, Belanja Kemenhub Capai Rp 41 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Anggaran Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam RAPBN 2019 direncanakan sebesar Rp 41,5 triliun.

Berdasarkan dokumen nota keuangan 2019 yang dikutip Senin (20/8/2018), beberapa target yang ingin dicapai oleh Kementerian Perhubungan pada tahun depan dengan anggaran tersebut, antara lain:

1. Program Pengelolaan dan Penyelenggaraan Transportasi Darat dengan salah satu kegiatan prioritas yaitu pembangunan dan pengelolaan prasarana perhubungan darat dengan output pembangunan dan pengelolaan dermaga penyeberangan di 14 lokasi dan pembangunan dan pengelolaan kapal penyeberangan sebanyak tiga unit kapal roro.


2. Program Pengelolaan dan Penyelenggaraan Transportasi Laut dengan kegiatan prioritas
antara lain penyelenggaraan pelayanan angkutan barang tol laut sebanyak 21 trayek dan pembangunan fasilitas pelabuhan di sembilan lokasi.

3. Program Pengelolaan dan Penyelenggaraan Transportasi Udara dengan kegiatan prioritas antara lain pembangunan, rehabilitasi, pemeliharaan prasarana bandar udara dengan output pembangunan bandara baru di empat lokasi.

4. Program Pengelolaan dan Penyelenggaraan Perkeretaapian dengan kegiatan prioritas antara lain pembangunan dan pengelolaan prasarana dan fasilitas pendukung kereta api dengan output pembangunan jalur kereta api sebanyak 144 km (tahap awal/badan jalan), 271 km (tahap penyelesaian), dan peningkatan jalur kereta api sebanyak 67
km.

Selain itu, beberapa proyek Kemenhub juga akan dijalankan dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha - Availibilty Payment (KPBU-AP), antara lain pengembangan dan pengoperasian Pelabuhan Anggrek dan Pelabuhan Bau-Bau. (ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading