Menteri Asman Abnur 100% Keluar dari Kabinet Jokowi

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
14 August 2018 16:29
Menteri Asman Abnur 100% Keluar dari Kabinet Jokowi
Jakarta, CNBC Indonesia - Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengonfirmasi penggantian Asman Abnur dari posisi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Hal itu disampaikan Pramono kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/8).

Menurut dia, penggantian itu sejalan dengan dinamika politik nasional belakangan. PAN, partai yang menaungi Asman, memutuskan untuk tidak lagi mendukung Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019.

Partai yang lahir selepas reformasi itu telah memutuskan mendukung pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.


"Karena bagaimanapun tidak elok kalau kemudian beliau [Menpan RB Asman Abnur] ada di dalam pemerintahan. Dan Pak Asman sendiri dengan berbesar hati tentunya beliau akan memenuhi itu," kata Pramono.



Politikus senior PDIP itu mengakui, kinerja Asman sebagai Menpan RB, tergolong baik. Namun, pilihan politik yang berbeda, membuat keputusan untuk mengganti Asman tak terhindarkan. "Dan kita bertemu, bergabung baik-baik, selesai baik-baik," ujar Pramono.

Terkait sosok pengganti Asman, Pramono belum mengetahui. Begitu pun dengan pelaksanaan kocok ulang kabinet. "Itu keputusan presiden. Bisa profesional karena pak Asman ini representasi partai, bisa saja dari partai. Tapi yang jelas bahwa itu sepenuhnya kewenangan presiden," kata Pramono.

Para wartawan juga menyinggung posisi politikus senior PAN Soetrisno Bachir yang menjabat Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional.

Menurut Pramono, posisi Soetrisno aman karena tidak ada dalam struktur kepengurusan PAN. "Dan Soetrisno saya mendengar sendiri bahwa beliau mendukung pak Jokowi," ujarnya.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, menilai wajar apabila Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur mengundurkan diri. Apalagi, PAN selaku partai yang menaungi Asman, sudah memutuskan untuk mendukung pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Sekarang bahwa yang tidak mendukung pemerintahan sekarang dan capres-cawapres yang notabene Presiden sampai 2019 ya mengundurkan diri atau keluar dari koalisi yang ada sekarang," kata Puan yang ditemui terpisah.

Dia mengaku tidak mengetahui jika penggantian Asman diusulkan partai politik koalisi pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Pun perihal sosok pengganti Asman. "Sampai saat ini saya nggak dengar karena itu hak prerogatif Presiden," ujar Puan. (Muhammad Iqbal/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading