CT Bicara Konvergensi Media Tradisional ke Digital

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
25 July 2018 21:39
Dalam proses konvergensi media tersebut, akan terjadi evolusi dimana portal media akan sosial media akan melebur menjadi satu.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pengusaha dan Pemilik CT Corp, Chairul Tanjung, menyatakan konvergensi media sudah mulai terjadi di Indonesia. Dalam proses konvergensi media tersebut, akan terjadi beragam evolusi media digital.

Pria yang akrab disapa CT ini menjelaskan, proses evolusi media digital akan terjadi dalam 5 hingga 10 tahun ke depan. Ini akan membuat lanskap bisnis media mengalami transisi dari televisi ke digital media.

Dia memaparkan, alokasi anggaran iklan untuk media dalam 3 hingga 4 tahun ke depan akan beralih dari televisi ke media digital. "Iklan yang dikeluarkan media televsi dan digital di Inggris sudah lebih besar ke digital. Di AS, diramalkan akan crossover atau peralihan pada 2018. Saya ramalkan 3-4 tahun lagi di Indonesia media digital akan menguasai iklan dibanding televisi," katanya dalam acara Rakernas III Serikat Media Siber Indonesia (SMSI), di Hotel Sari Pan Pasifik, Jakarta, Rabu (25/7/2018).


CT menambahkan, alokasi dana iklan untuk televisi saat ini sudah tidak bertambah, sementara overhead atau biaya operasi terus naik. Alokasi iklan media, beralih ke media digital.
CT Bicara Soal Konvergensi Media Tradisional ke DigitalFoto: Rivi Satrianegara

Dia juga menjelaskan, minat menonton televisi di Indonesia semakin berkurang tahun ini dibandingkan 2015 lalu.

"Berdasarkan survei, jam minimal main sosial media itu sekitar 3 jam 20 menit per hari. Sementara internet digunakan 9 jam per hari oleh masyarakat. Mau kerja di kantor maupun mau tidur dan bangun tidur pasti berhubungan dengan internet. Ini merupakan keniscayaan. Makin muda usia makin sedikit nonton televisi, main media sosial makin banyak. Ini keniscayaan yang tidak bisa dilawan," tambah CT.
Artikel Selanjutnya

Chairul Tanjung Gelar Topping Off Perdana Trans Park Juanda


(hps/hps)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading