Wow, Ini Penampakan Pesawat Super Besar 'Paus BelugaXL'

News - Raydion Subiantoro, CNBC Indonesia
04 July 2018 18:32
Wow, Ini Penampakan Pesawat Super Besar 'Paus BelugaXL'
Jakarta, CNBC Indonesia - Airbus punya pesawat super jumbo khusus untuk mengangkut kargo yang dinamakan Beluga dan BelugaXL. 

Beluga adalah seri pertama dari pesawat itu, dan kemudian seri terbaru adalah BelugaXL. Menariknya, Airbus baru-baru ini memperkenalkan versi livery terbaru dari BelugaXL.

Dikutip dari CNN, Rabu (4/7/2018), melalui livery terbaru itu BelugaXL diperkenalkan layaknya sebagai seekor paus lengkap dengan mata biru dan mulut yang tersenyum. Perkenalan livery khusus itu dilakukan di Toulouse, Prancis.
Foto: CNN



Desain Ikan paus tersenyum itu dipilih berdasarkan poling kepada 20.000 karyawan Airbus. Para karyawan diminta memilih dari 6 opsi, dan 40% pilihan jatuh pada livery paus tersenyum

Adapun Beluga sendiri merupakan pengembangan dari pesawat penumpang berbadan lebar (wide body) Airbus A330-200. Nama Beluga dipilih karena memang kemiripan pesawat itu dengan paus arktik putih.

Tugas utama dari Beluga adalah membawa berbagai komponen untuk memproduksi pesawat Airbus. Komponen pesawat dibawa dari pusat manufaktur yang ada di Eropa ke fasilitas perawatan akhir di Toulouse, Hamburg atau Tianjin.

Beluga pertama kali beroperasi pada 1994, namun Airbus meluncurkan program membangun pesawat versi baru pada 2014.

Foto: CNN

"Kebutuhan atas Beluga datang seiring meningkatnya tingkat produksi dan menambah kapasitas di atas lima pesawat," ujar Stephane Gosselin, Head of Airbus Transport International.

Beluga pertama dapat mengangkut sayap dari pesawat Airbus A340 dan bagian badan pesawat A350, tetapi tidak cukup besar untuk membawa komponen super jumbo dari A380.

BelugaXL lebih panjang 6 meter dan lebar 1 meter, memiliki 30% kapasitas lebih besar dibandingkan dengan Beluga lama.
(ray/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading