Ada Usulan Pertalite Disubsidi, Ini Tanggapan ESDM

News - Rivi Satrianegara, CNBC Indonesia
07 June 2018 19:14
Ada Usulan Pertalite Disubsidi, Ini Tanggapan ESDM
Jakarta, CNBC Indonesia- Anggota Komisi VII DPR RI sempat mengusulkan agar subsidi bensin yang selama ini dikucurkan pemerintah lebih baik ditujukan untuk bensin dengan oktan lebih tinggi, seperti pertalite atau pertamax. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) pun menanggapi usulan tersebut.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM Djoko Siswanto memaparkan usulan tersebut sebenarnya bagus dan bisa saja dilakukan untuk mendorong penggunaan bahan bakar yang lebih bersih untuk lingkungan. "Usulannya DPR bagus, diterima dan sedang dibahas. Jadi someday yang akan disubsidi itu BBM kualitas bagus, pertalite atau pertamax," ujar dia di kantor Kementerian ESDM, Kamis (7/6/2018).




Djoko mengatakan skema tersebut bagus untuk diterapkan, atas dasar pola konsumsi masyarakat pula. Menurut dia, masyarakat mengejar BBM yang harganya lebih murah. Dengan harga pertamax dan pertalite yang lebih murah, dia menilai premium yang lebih buruk untuk lingkungan secara perlahan bisa saja akan ditinggalkan. "Jadi biarkan saja premium dimahalin, jadi tidak ada yang beli. Jadi belinya yang kualitas bagus. Ini lagi dibahas," tutur dia.

Sebelumnya, usulan itu disampaikan komisi VII DPR RI kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan. Saat itu, Jonan juga menilai hal itu bagus diterapkan untuk mengurangi penggunaan premium tanpa membebani masyarakat secara langsung.

"Ini make sense, sebenarnya yang paling bisa didorong juga Kementerian Perindustrian supaya mesin mobil tidak bisa konsumsi BBM kualitas rendah. Kalau itu dibuat maka bisa hilang premium," kata Jonan. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading