Ini Rekor Baru yang Tercipta di Final Liga Champions

News - Samuel Pablo, CNBC Indonesia
27 May 2018 13:47
Real Madrid menang lewat sepasang gol yang dicetak Gareth Bale dan satu gol Karim Benzema, sementara Liverpool hanya mampu mencetak satu gol lewat Sadio Mane
Jakarta, CNBC Indonesia - Real Madrid baru saja menjadi juara Liga Champions untuk ke-13 kali, setelah mengalahkan Liverpool di Final Liga Champion Eropa dengan skor 3-1, NSC Olimpiyskiy Stadium di Kiev, Ukraina, Minggu (27/5/2018) dini hari WIB. Dari pertandingan tadi dini hari tadi, ada beberapa rekor dan catatan statistik baru yang menarik.

Berikut rekor dan data statistik terbaru tersebut:
  • Real Madrid menjadi tim pertama yang berhasil menjuarai Piala Eropa/Liga Champion tiga kali berturut-turut sejak Bayern Munich pada medio 1974-1976 atau tepatnya 42 tahun lalu. Musim lalu, Real Madrid mengalahkan Juventus di final dengan skor telak 4-1, sementara pada musim sebelumnya Los Blancos mengalahkan rival sekotanya, Atletico Madrid lewat adu penalti dengan skor 5-3.
  • Dengan hasil semalam, Real Madrid juga menjadi tim dengan koleksi gelar Liga Champion terbanyak dengan 13 gelar, diikuti AC Milan dengan 7 gelar serta Liverpool, Barcelona, dan Bayern Munich dengan 5 gelar.
  • Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane kini masuk dalam jajaran pelatih elit yang sanggup memenangi tiga trofi Piala Eropa/Liga Champion, bersama dengan Bob Paisley dan Carlo Ancelotti. Bob Paisley menjuarai tiga Piala Eropa bersama Liverpool pada musim 1976/77, 1977/78, dan 1980/81. Adapun Ancelotti menjuarai dua Liga Champion bersama AC Milan pada 2002/03 dan 2006/07 serta bersama Real Madrid pada 2013/14.
  • Real Madrid menjadi tim pertama yang memasang starting line-up yang sama dalam dua final Piala Eropa/Liga Champion berbeda. Los Blancos semalam memulai pertandingan dengan sebelas pemain yang sama seperti final musim lalu ketika mengalahkan Juventus.
  • Kekalahan Liverpool memperburuk rekor tim Inggris saat bertemu tim Spanyol di final kompetisi Eropa. Tim Inggris mengalami kekalahan dalam tujuh final terakhir kompetisi klub Eropa melawan tim Spanyol (empat final Liga Champion dan tiga final Piala UEFA/Liga Eropa). Terakhir kali tim Inggris menang melawan tim Spanyol di final kompetisi Eropa adalah saat Liverpool mengalahkan Alaves di final Piala UEFA 2000/01.
  • Catatan buruk juga diperoleh pelatih Liverpool, Jurgen Klopp yang kini telah mengalami kekalahan dalam enam dari tujuh final kompetisi yang pernah dilaluinya. Satu-satunya final yang dia menangi sepanjang karir kepelatihannya hingga saat ini adalah final DFB Pokal musim 2011/12, di mana Borussia Dortmund yang diasuhnya berhasil mengalahkan Bayern Munich dengan skor 5-2.
  • Liverpool menjadi tim pertama dalam sejarah dengan tiga pemainnya mencetak 10 gol atau lebih dalam satu musim Liga Champion. Musim ini, Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane sama-sama mencetak 10 gol di sepanjang kompetisi.



Artikel Selanjutnya

Ini Delapan Perusahaan Besar Sponsor Setia Liga Champions


(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading