Bandara Kertajati Terbangkan 5 Kloter Jemaah Haji Tahun Ini

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
22 May 2018 12:40
Bandara Kertajati Terbangkan 5 Kloter Jemaah Haji Tahun Ini
Jakarta, CNBC Indonesia- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Jawa Barat, siap memberangkatkan 5 kelompok terbang jamaah haji pada tahun ini. 

Usai rapat di kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Selasa (22/5/2018), Menhub mengatakan BIJB akan berperan sebagai embarkasi antara pada musim haji akhir Juli-Agustus 2018.

"Landasan 2.500 meter memang belum cukup untuk triple seven (Boeing tipe 777), jadi nanti 5 kloter dari Kertajati akan transit di Bandara Soekarno-Hatta, baru ke Saudi," ungkap Budi. 


Menhub mengatakan BIJB akan mencatatkan historical landing pada 24 Mei 2018 dan secara resmi dinyatakan telah beroperasi. Dia menyebut, Garuda Indonesia akan mendaratkan dua pesawat di BIJB Kertajati pada hari itu. 



"Intinya, perizinan teknis, sertifikasi, sudah selesai. Kami tidak akan melanggar peraturan apapun," katanya. 

Selain itu, Budi menekankan pada tahun depan panjang landasan BIJB akan diperpanjang hingga 3.000 meter sehingga pesawat berbadan lebar (wide body) seperti Boeing 777 bisa mendarat. 

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa mengemukakan jumlah jamaah haji yang bisa diangkut dari BIJB Kertajati mencapai 2.500 orang. 

"Maksimum 2.500 jamaah itu dari wilayah Majalengka dan mumgkin Sumedang ya."

Dia menuturkan segala persiapan teknis telah dituntaskan dan pihaknya yakin BIJB akan mulai didarati oleh maskapai pada musim Lebaran tahun ini. 

"Alhamdulillah dari pihak Kementerian Perhubungan sudah siap, Bea Cukai juga sudah siap, Pak Bupati juga tadi Pemda Majalengka siap, Pemprov Jabar juga sudah siap, dengan adanya sedikit tambahan biaya tidak ada masalah," kata Iwa.  (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading