Ini 12 Negara yang Rilis Travel Advice Menyusul Teror di RI

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
16 May 2018 14:47
Ini 12 Negara yang Rilis Travel Advice Menyusul Teror di RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Pariwisata Arief Yahya menyatakan 12 negara sudah merilis imbauan perjalanan atau travel advice bagi warga negaranya yang tengah berada atau berencana berkunjung ke Indonesia.

Berdasarkan penelusuran CNBC Indonesia, travel advice tersebut dikeluarkan mulai 13 Mei 2018 atau saat ledakan bom terjadi di Surabaya. Sampai saat ini, imbauan tersebut masih diberlakukan.

Negara-negara yang merilis travel advice itu adalah: 


1. Inggris
2. Filipina
3. Amerika Serikat
4. Australia
5. Hong Kong
6. Selandia Baru
7. Singapura
8. Malaysia
9. Polandia
10. Irlandia
11. Kanada
12. Prancis

Travel advice yang dirilis Inggris meminta agar warga negaranya waspada karena serangan teror dapat terjadi di tempat umum resor pantai, restoran, pusat perbelanjaan, kedutaan besar, rumah ibadah dan bandara.


"Kantor pemerintah, aparat hukum dan tempat ibadah adalah target-target para ekstremis. Lokasi berkaitan dengan negara barat juga berisiko. Selalu waspada dan berhati-hati," tulis pihak pemerintah Inggris di situsnya.

Filipina, negara tetangga di Asia Tenggara, juga mengeluarkan himbauan perjalanan dan meminta warga negaranya untuk membatasi aktivitas.
"Kementerian [Luar Negeri Filipina] sudah menghimbau lebih dari 250 warga negara Filipina yang tinggal di Surabaya untuk waspada dan membatasi aktivitasnya sampai situasi normal kembali," tulis Kementerian Luar Negeri Filipina di situsnya. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading