Di Balik Negosiasi Sri Mulyani Percantik Lapangan Banteng

News - Chandra Gian Asmara, CNBC Indonesia
07 May 2018 10:11
Di Balik Negosiasi Sri Mulyani Percantik Lapangan Banteng
Jakarta, CNBC Indonesia - Ada cerita tersendiri di balik keputusan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merevitalisasi Lapangan Banteng. Renovasi yang dilakukan sejak Maret 2017 silam itu, murni permintaan khusus Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Hal tersebut dikemukakan Sri Mulyani usai meninjau progres revitalisasi taman Lapangan Banteng bersama Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno, Senin (7/5/2018). Dalam kesempatan itu, bendahara negara menjelaskan latar belakang revitalisasi Lapangan Banteng.

"Saya tunjukan kepada pak Sandi, ini Lapangan Banteng. Ini ada taman, yang saya itu sudah tidak bisa menikmati dan harus pemerintah DKI perbaiki. Kami tanya, saya atau pak Sandi yang mau benerin?" kata Sri Mulyani.


Pemprov DKI, sambung dia, berjanji untuk mengajak Sri Mulyani melihat progres revitalisasi Lapangan Banteng. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu pun mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Pemprov DKI, lantaran mampu menyelesaikan renovasi dalam waktu relatif singkat.

"Kurang dari 5 bulan, saya diundang ke Lapangan Banteng. Bagi kami [lapangan banteng] adalah paru-paru. INi adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kami," jelasnya.

Dalam kesempatan sama, Sandiaga mengatakan, revitalisasi ini merupakan hasil kerjasama antara pemerintah dan sektor swasta. Dalam beberapa minggu ke depan, Pemprov DKI Jakarta menargetkan bisa merampungkan revitalisasi Lapangan Banteng,

"Ini jawaban challenge ibu [Sri Mulyani], dan ini truly PPP [public private partnership]. Kami berikan kepada swasta, bmenghasilkan 700 lapangan kerja, dan impactnya bisa dirasakan sebelum puasa," jelasnya.

"Kami akan buka kegiatan sosial, budaya, olahraga, dan kegiatan lainnya di tempat ini dan juga mempersatukan masyarakat," katanya.

Sebagai informasi, pengerjaan revitalisasi Lapangan Banteng dibagi dalam tiga zona. Zona pertama adalah Monumen Pembebasan Irian Barat, yang dilengkapi dengan toilet, tempat shalat, food court, dan ruang pengelola.

Adapun zona kedua, merupakan zona olahraga yang dibuka selama 24 jam. Sementara yang ketiga, adalah zona area taman yang diharapkan menjadi salah satu alternatif bagi masyarakat setempat menghabiskan waktu bersama keluarga.

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading