Chairul Tanjung : Milenial akan Kuasai Pasar Dunia

News - Ratelia Nabila, CNBC Indonesia
14 April 2018 15:40
Chairul Tanjung : Milenial akan Kuasai Pasar Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Era globalisasi menjadi katalis yang menentukan arah pergerakan ekonomi. Selain memberikan kesempatan, globalisasi ini menyimpan bahaya ketidakpastian alias uncertainty.

Hal tersebut diungkapkan oleh Pengusaha yang juga CEO CT Corp Chairul Tanjung dalam acara UI Meet Up and Leaders Talk di Auditorium Menara Bank Mega, Sabtu (14/4/2018).

"Uncertainty dipicu oleh keadaan politik global, perkembangan teknologi, dan gap di antara generasi," kata Chairul Tanjung.


Namun di tengah uncertainty, Ia mengatakan, ada sebuah kesempatan yang mampu diambil. Khususnya bagi para entrepreneur muda.

"Kecepatan akan teknologi merupakan sebuah kesempatan. Entrepreneurship adalah bagaimana melihat kesempatan tersebut. [...] Modal tidak harus selalu uang, memiliki teman atau networking, melihat peluang dan konsumen di sebuah bidang, maka peluang usaha mulai tercipta," tuturnya.

Chairul Tanjung : Milenial akan Kuasai Pasar DuniaFoto: CNBC Indonesia/Muhammad Sabki


"Generasi muda ini yang menjadi kunci. Generasi-generasi terbagi ke dalam beberapa kelompok, salah satunya adalah generasi milenial. Milenial ke depan adalah generasi yang akan menguasai pasar dunia," tegasnya.

Bank Indonesia (BI) memiliki sebuah kajian, bahwa globalisasi saat ini tidak seperti pada dekade sebelumnya karena koneksi telah berubah secara mendasar. BI memandang, bagi sebagian besar ekonomi, kontribusi aspek digital terhadap ekonomi cenderung meningkat, seperti yang ditunjukkan dari pangsa digital produk domestik bruto yang harus tumbuh. Ini menjadi fenomena perkembangan era ekonomi digital.

(dru/dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading