Pemerintah Kaji Bunga Student Loan 0%

News - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
10 April 2018 18:33
Pemerintah Kaji Bunga Student Loan 0%
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah sedang mengkaji program kredit pendidikan dengan suku bunga 0%. Dalam kajian tersebut, pemerintah akan berkoordinasi dengan kalangan perbankan dan pihak terkait lainnya.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir menjelaskan, pemberian kredit pendidikan dengan bunga 0% sangat dimungkinkan selama negara ikut serta.


"Kalau negara (dilibatkan) semua memungkinkan, nanti Menko Perekonomian [Darmin Nasution] yang atur skemanya," ujarnya dalam acara Peluncuran Kredit Pendidikan BTN di kantornya, Selasa (10/4/2018).


Kendati memungkinkan, namun bukan berarti suku bunga yang dikenakan kepada penerima kredit adalah 0%.

"Jadi bukan berarti yang disalurkan juga 0%, tapi yang penting bisa lebih rendah dari suku bunga acuan BI," ujar Nasir.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Maryono mengungkapkan, program kredit pendidikan 0% bisa terjadi, asalkan dana tersebut berasal dari dana pemerintah dan tanpa bunga.

"Biasanya ada dana hibah dari lembaga internasional yang bisa dipergunakan," kata Maryono.

Selain itu, dia menyebut perbankan juga diberikan bisnis untuk bisa menekan biaya operasionalnya. Bisnis inilah, tuturnya, yang nantinya menghasilkan fee based income yang tidak diperoleh dari bunga pada kredit pendidikan. (ara/ara)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading