Avanza Babak Belur Lawan Xpander, Ini Kata Toyota

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
21 March 2018 12:52
Avanza Babak Belur Lawan Xpander, Ini Kata Toyota
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Toyota Astra Motor menyatakan lengsernya Avanza dari posisi puncak daftar mobil terlaris Februari 2018 merupakan dampak dari strategi perseroan.  

Seperti diketahui, berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Avanza secara wholesales atau pengiriman dari pabrik ke diler tercatat 6.773 unit atau kalah dari Mitsubishi Xpander mencapai 7.400 unit.  

PR Manager Toyota Astra Motor Rouli Sijabat mengatakan perseroan menerima permintaan tinggi terhadap model terbaru Rush sehingga produksi Avanza terpaksa diturunkan. 


"Angka yang beredar itu wholesales. Pada Februari kemarin, permintaan Rush tinggi, SPK [surat pemesanan kendaraan] bisa sekitar 19.000 unit padahal target 5.000 unit, artinya inden [masa tunggu konsumen] bisa sekitar 5 bulan. Sementara, Avanza inden masih sebulan, masih aman," jelasnya, Rabu (21/3/2018). 


Dia mengatakan Avanza dan Rush dibuat di satu pabrik, dan melihat permintaan tinggi terhadap Rush maka volume produksi Avanza sengaja diturunkan.  

"Mau tidak mau, suplai Avanza diturunkan, dan Rush yang ditingkatkan supaya konsumen tidak menunggu terlalu lama," kata Rouli.  

Kebijakan strategi produksi ini, jelas dia, bergerak dinamis setiap bulannya. Bisa saja pada Maret, angka produksi Rush sudah terpenuhi sehingga volume Avanza dinaikkan. 


Oleh karena itu dia menegaskan sebetulnya tidak tepat apabila penjualan Avanza kalah dibandingkan dengan rival. 

"Jadi, sebetulnya ini strategi besar. Bukan berarti penjualan [Avanza] kalah, tapi lebih ke arah bagaimana supaya konsumen yang membeli mobil Toyota mempunyai level kepuasan sama. Jangan sampai yang satu cepat delivery-nya, yang satu menunggu lima bulan," tegas Rouli.    (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading