Akankah JK Kembali Dampingi Jokowi dalam Pilpres 2019?

News - Arys Aditya, CNBC Indonesia
21 March 2018 10:58
Akankah JK Kembali Dampingi Jokowi dalam Pilpres 2019?
Jakarta, CNBC Indonesia - Wakil Presiden Jusuf Kalla memaparkan kriteria yang cocok bagi sosok cawapres yang layak mendampingi Joko Widodo pada Pilpres 2019.

Pertama, jelas JK, sosok cawapres harus bisa menambah elektabilitas Jokowi.

"Jadi bisa menambah suara Pak Jokowi ketika pemilu, membantu menambah dukungan," katanya, Selasa (20/3/2018).
 

Syarat kedua, adalah kualitas sosok cawapres harus bisa menyamai Jokowi. Sebab, kata JK, cawapres juga akan melaksanakan tugas Kepala Negara apabila presiden berhalangan, baik sementara maupun permanen.  


"Kalau terjadi apa-apa, wapres menggantikan presiden. Pak Habibie dan Bu Mega contohnya. Harus punya kualitas sama dengan presiden. Tidak boleh asal milih cawapres, karena dia bisa jadi presiden juga," katanya. 

Dia mengatakan latar belakang sosok cawapres Jokowi tidak terlalu penting, apakah pengusaha, politisi, profesional atau militer. 

"Mau internal partai atau eksternal, yang penting memenuhi dua syarat itu. [Saya lagi?] Hahaha, enggak lah. Banyak yang lain," ujar JK. 

Seperti diketahui, selain sebagai wapres di era Presiden Jokowi, JK juga pernah menjadi wapres saat pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono 2004 - 2009. (ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading