Internasional

Kekayaan Donald Trump Turun Rp 5,5 T dalam Setahun

News - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
18 March 2018 09:09
Kekayaan Donald Trump Turun Rp 5,5 T dalam Setahun
Jakarta, CNBC Indonesia - Setahun setelah menjabat sebagai orang nomor satu di Amerika Serikat, kekayaan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump turun sekitar US$400 juta (Rp 5,5 triliun) menjadi $3,1 miliar menurut daftar Miliuner Dunia versi majalah Forbes yang diumumkan baru-baru ini.

Namun, jumlah kekayaan bersihnya tercatat sama dengan nilai yang tertera dalam daftar warga negara Amerika terkaya Forbes 400 yang dirilis bulan Oktober.

Penyebab penurunan nilai kekayaan Trump selama setahun ini sebagian besar adalah kondisi pasar. Penjualan perumahan di New York, AS, masih belum sepenuhnya pulih.


Selain itu, kepribadian sang presiden yang kontroversial ternyata punya andil dalam penurunan bisnisnya.


Meningkatnya jumlah e-commerce telah menurunkan nilai properti seperti Trump Tower, yang terletak di tengah-tengah pusat perbelanjaan Fifth Avenue, New York. Forbes mengestimasi nilai bangunan milik Trump yang paling terkenal itu turun $41 juta tahun lalu.

Tidak jauh dari situ, sebuah properti milik sang presiden juga bernasib serupa. Akibat kondisi pasar yang sulit, perusahaan perlengkapan olahraga Nike yang sudah menjadi penyewa jangka panjang mengumumkan akan mengosongkan tempatnya pada musim semi ini.

Hal ini membuat Trump Organization membutuhkan penyewa baru untuk properti yang berukuran sekitar enam ribu meter persegi tersebut.

"Saya tidak tahu penyewa seperti apa yang membutuhkan ruangan seluas itu, kecuali toko serba ada," kata broker perumahan Manhattan Eric Anton, seperti dilansir dari Forbes. "Dan saya pikir tidak ada perluasan toko serba ada [dalam bentuk] apapun."

Properti golf milik Trump tidak terlalu terpengaruh oleh pergerakan pasar, tetapi cenderung lebih rentan terhadap kondisi politik yang sedang terjadi. Tiga dari klub golf terbesar Trump terletak di negara-negara bagian yang mendukungnya, dan ternyata pendapatan masing-masing klub naik lebih dari 5%.

Sebaliknya, penjualan menurun sekitar 4% di tempat-tempat di mana Trump kalah dari Hillary Clinton, yaitu di bagian timur laut dan Los Angeles. Pendapatan juga menurun di Skotlandia, lokasi dua klub golf Trump.

Nilai perusahaan manajemen dan lisensi hotel Trump ikut anjlok sekitar $50 juta tahun lalu, seiring dengan memudarnya pengaruh merek Trump di pasar-pasar, seperti Toronto, Kanada, dan New York. Para investor di sana bahkan menghapus nama sang predisen dari hotel-hotel mereka. Awal bulan ini, para pekerja dilaporkan membongkar papan nama Trump di yang tertera di gedung lantai tiga di Panama.


Meski begitu, tetap ada secercah harapan yang terlihat dalam portofolio bisnis Trump.

Ruang kantor yang berlokasi di pusat kota Manhattan tercatat memiliki kinerja yang lebih baik daripada bangunan yang disewakan untuk peritel. Hal itu membantu meningkatkan nilai properti Trump yang paling berharga yang terletak di area Wall Street sekitar $32 juta.

Memang, nilai kekayaan $3,1 miliar itu jauh lebih kecil dari kekayaan senilai lebih dari $10 miliar yang pernah Trump klaim. Namun tetap saja, ia adalah salah satu presiden terkaya sepanjang sejarah AS. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading