Nyepi 2018, Bali Sehari Tanpa Internet

News - Donald Banjarnahor, CNBC Indonesia
06 March 2018 19:10
Nyepi 2018, Bali Sehari Tanpa Internet
Jakarta, CNBC Indonesia - Masyarakat yang berada di Bali saat Hari Raya Nyepi yang akan jatuh hari Sabtu (17/3/2018) harus bersiap diri karena internet di Pulau Dewata akan dimatikan selama 24 Jam.

Permintaan untuk mematikan jaringan internet tersebut berasal Seruan Bersama Majelis-Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali. Seruan Bersama tersebut merupakan hasil dari rapat Bersama antara Kanwil Kementerian Agama Bali, Pemprov Bali, Polda Bali, Korem Bali, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta instansi lainnya, pada Kamis (15/2/2018). [Updated: Redaksi mengubah bulan dari Maret ke Februari]

"Provider penyedia jasa seluler diharapkan untuk mematikan data seluler (internet) dari hari Sabtu 17 Maret 2018 pukul 06.00 WITA sampai dengan Minggu 18 Maret 2018 pukul 06.00 WITA," tulis poin keempat Seruan Bersama yang diterima oleh CNBC Indonesia, Selasa (6/3/2018).


Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bali I Gusti Ngurah Sudiana yang hadir dalam rapat tersebut, mengonfirmasi mengenai himbauan kepada provider untuk mematikan internet selama Nyepi 2018.

"Alasan pertama adalah di internet banyak hiburan. Padahal ketika Nyepi salah satu larangan adalah amati lelanguan, yaitu tidak boleh bersenang-senang dengan hiburan," ujarnya kepada CNBC Indonesia lewat sambungan telepon, Selasa (6/3/2018).

Alasan kedua, tuturnya, adalah masalah keamanan. Lebih rinci dia menjelaskan pada Nyepi tahun sebelumnya, sempat terjadi aksi saling serang antarumat Hindu Bali di media sosial ketika Nyepi berlangsung.

"Dalam rapat banyak perdebatan mengenai hal ini. Tetapi kami minta agar masyarakat Bali jangan emosi dulu, karena tujuan Pemerintah melarang ini adalah baik," ujarnya.

Dalam surat Seruan Bersama tersebut juga dinyatakan, hotel dan penyedia jasa hiburan tidak diperkenankan menyelenggarakan paket hiburan hari raya suci Nyepi.

Dalam beribadah hari raya suci Nyepi, umat Hindu melakukan catur brata penyepian, yakni Amati Geni, Amati Lelanguan, Amati Lelungan, dan Amati Karya. Dalam mendukung ibadah ini, semua aktivitas di Bali dilarang selama 24 jam, kecuali aktivitas ibadah.

Pada tahun-tahun sebelumnya, televisi free to air dilarang untuk menyiarkan tayangan dan bandara Ngurah Rai, Bali tutup selama 24 jam. Namun, pada Nyepi sebelumnya, akses internet lewat provider telekomunikasi masih berjalan normal. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading