Tahun ini, 39.000 Jemaah Haji Diharapkan Berangkat dari BIJB

News - Exist In Exist, CNBC Indonesia
20 February 2018 20:22
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan menargetkan Bandara Internasional Jawa Barat dapat melayani penerbangan haji.
Jakarta, CNBC Indonesia – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan optimistis Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau dikenal dengan Kertajati dapat beroperasi tahun ini bersamaan dengan pemberangkatan 39.000 jemaah haji. 

"Berangkat haji itu kloter pertama 15 juli 2018. Sekarang jumlah jemaahnya normal lagi sekitar 39.000 orang, kalau bisa seluruhnya mengapa tidak seluruhnya," ujarnya di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Selasa (20/2/2018). 

Meskipun demikian, Ahmad menjelaskan pihaknya akan terlebih dahulu melihat kesiapan lapangan dan berdiskusi dengan Kementerian Agama.


Menurutnya, operasional BIJB akan sangat menguntungkan masyarakat Jawa Barat bagian timur dan selatan. 

"Jadi kan masyarakat yang berasal dari Ciamis tidak jauh lagi ke Cengkareng, yang dari Pangandaran biasanya 12 jam ke Cengkareng, sekarang 2,5 jam sampai, berkah lah buat masyarakat Jawa Barat bagian timur dan selatan," katanya. 

Selain itu, dia memastikan pemberangkatan jemaah haji tersebut sudah bisa menggunakan pesawat ukuran besar tipe Boeing dan Airbus seiring selesainya perpanjangan landasan pacu (runway) dari 2.500 meter menjadi 3.000 meter.

"Runway tambahan 500 meter itu empat bulan selesai, cepat. Soft launching kan bisa pesawat kecil, Juni sudah selesai dong itu yang 500 meter jadi langsung Boeing 777 bisa landing dan terbang. Boeing dan Airbus ya," kata dia.
(ray/ray)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading