Kata Para Bankir Tentang Empat Kandidat Gubernur BI

News - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
09 February 2018 18:20
Kata Para Bankir Tentang Empat Kandidat Gubernur BI
Jakarta, CNBC Indonesia - Sejumlah bankir menilai positif nama-nama calon gubernur Bank Indonesia (BI) yang disodorkan Presiden.

Presiden Direktur PT Bank Central Asia (BCA) Tbk Jahja Setiaatmadja menilai, yang menjadi calon gubernur Bank Indonesia (BI) merupakan nama-nama yang potensial. Apalagi, hampir semua nama-nama tersebut berasal dariĀ  almamater yang sama dengan dirinya.

"Semua teman, hampir semuanya dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI)," kata dia saat ditemui di acara BCA di ICE BSD, Tangerang, Jumat (9/2/2018).


Dia mengungkapkan, ketiga nama calon seperti Chatib Basri, Bambang Brodjonegoro dan Agus Martowardojo berasal dari FEUI. Hanya Perry Warjiyo yang tidak berasal dari FEUI yang notabene dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Tapi Pak Perry dari internal BI, jadi sama semua teman," jelas dia.

Sementara Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk Iman Nugroho Soeko mengungkapkan, semua calon yang disodorkan adalah orang yang memiliki kapabilitas tinggi dan cocok untuk menjadi Gubernur. Kendati ada calon yang nantinya tidak menjadi gubernur, namun calon tersebut bisa ditempatkan di posisi lain di bidang ekonomi dan keuangan.

"Tinggal beliau (presiden) mencari yang paling enak untuk bekerjasama dengan beliau atau pemerintah,"terang dia.

Sebelumnya, Sofjan Wanandi, Ketua Tim Ahli Wakil Presiden mengemukakan RI-1 dan RI-2 sudah selesai melakukan pembahasan tentang siapa yang akan meneruskan kepemimpinan Agus Martowardojo yang akan habis masa tugasnya pada Mei tahun ini.

Dia menyebut pembahasan tersebut mengerucut kepada empat nama, yakni Gubernur BI saat ini Agus Martowardojo, Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo, menteri keuangan era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Chatib Basri, dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional saat ini Bambang PS Brodjonegoro. (dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading