Aturan Siap, Investor Profesional Bisa Beli Obligasi Langsung

News - gita rossiana, CNBC Indonesia
02 February 2018 16:48
Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana menerbitkan aturan mengenai penerbitan obligasi untuk pembeli profesional di akhir Februari.
Jakarta, CNBC Indonesia - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berencana menerbitkan aturan mengenai penerbitan obligasi untuk pembeli profesional (qualified investor based) pada akhir Februari mendatang. Dengan adanya aturan ini diharapkan bisa mempermudah emiten dalam mendapatkan pendanaan.
 
Kepala Departemen Pengawas Pasar Modal 2B OJK Djustini Septiana mengatakan, permintaan emiten cukup banyak untuk penerbitan obligasi ini sehingga pihaknya memproses aturan tersebut.
 
“Saat ini masih dalam proses rule making rule, setelah disetujui baru masuk tahap pembahasan di rapat dewan komisioner,” kata dia saat ditemui di Kantor OJK, Jakarta, Jumat (2/2/2018).
 
Adapun konsep dari aturan ini adalah untuk mengatur pembelian obligasi berdasarkan private placement. ”Jadi ngomongnya penawaran umum obligasi ini untuk investor profesional,” ujar dia.
 
Nantinya, emiten bisa memilih untuk menerbitkan obligasi dengan konsep tersebut, tanpa melalui penawaran publik. “Prinsipnya, kami memberikan kemudahan dalam proses registrasi,” kata dia.
 
Adapun perbedaannya dengan penawaran obligasi kepada investor ritel adalah dari sisi perlindungan konsumen.”Dari sisi perlindungan konsumen tidak setinggi waktu penerbitan IPO,” kata dia.
 
Dengan adanya aturan ini, OJK ingin mengakomodir perusahaan yang membutuhkan dana cepat. ”Jadi kami permudah saja, dibikin simpel, bagi investor yang ingin memberikan dana di awal kami permudah,” terang dia.


(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading