Internasional

Aplikasi Baru Facebook Diprotes Ibu Ibu di Amerika

News - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
31 January 2018 16:57
Aplikasi perpesanan khusus anak yang diterbitkan Facebook dinilai berdampak negatif untuk anak-anak
  • Beberapa surat telah dikirim ke CEO Facebook, Mark Zuckerberg, berisi pendapat para pakar yang menganggap anak-anak belum siap untuk memiliki akun media sosial
  • Facebook merilis aplikasi gratis, Messenger Kids, pada Desember lalu dan berpendapat aplikasi ini merupakan sebuah jalan bagi anak-anak agar bisa chatting dengan anggota keluarga dan teman-teman yang dipilih orang tuanya.

Boston, CNBC Indonesia– Sekumpulan orang tua di Amerika Serikat mendesak Facebook untuk menarik aplikasi perpesanan barunya yang ditujukan untuk anak-anak di bawah 13 tahun.

Dilansir dari CNBC, pada Selasa (30/1/2018) lalu beberapa surat telah dikirim ke CEO Facebook, Mark Zuckerberg, yang berisi pendapat para pakar yang menganggap anak-anak belum siap untuk memiliki akun media sosial, menjalankan hubungan online yang kompleks ataupun melindungi privasi mereka sendiri.




Facebook merilis aplikasi gratis yang dinamai Messenger Kids pada Desember lalu agar bisa chatting dengan anggota keluarga dan teman-teman yang dipilih orang tuanya. Aplikasi ini merupakan ekstensi dari akun Facebook milik orang tua (pengguna) dan memberi orang tua akses penuh untuk mengontrol siapa yang boleh chatting dengan anak mereka.

Tetapi, apapun alasan Facebook tidak menghentikan ratusan orang yang terdiri dari pakar,ibu-ibu maupun asosiasi orang tua, dan pengacara untuk menuntut penghapusan aplikasi itu. Dipelopori oleh Kampanye Anak Bebas Komersial yang berbasis di Boston mereka menegaskan bahwa Messenger Kids bukanlah solusi.

“Messenger Kids tidak menyediakan– namun menciptakan kebutuhan,” tulis mereka dalam surat tersebut.

Dalam surat itu juga disampaikan kritik kepada Facebook karena “menargetkan anak-anak yang lebih muda sebagai pengguna produk baru tersebut.”

Facebook tidak menjawab pertanyaan mengenai seberapa populernya aplikasi perpesanan tersebut, namun App Annie, sebuah perusahaan analis aplikasi, mengatakan Messenger Kids telah diunduh sekitar 80.000 kali di iOS sejak diluncurkan pada 4 Desember. Facebook Kids sudah masuk daftar 40 aplikasi terpopuler untuk anak-anak sejak pertama kali diluncurkan.

Dokter anak yang khusus menangani perilaku perkembangan anak di Universitas Michigan, Jenny Radesky, yang menandatangani surat tersebut, mengatakan bahwa dia tidak pernah menemukan orang tua yang berteriak-teriak menyuruh anak-anak mereka memakai media sosial di usia muda.“Langkah Facebook menciptakan aplikasi itu membuat orang-orang berpikir facebook menargetkan penggunaan aplikasi oleh anak-anak yang lebih muda,” ujar Radesky.


(gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading