Jokowi Ajukan 3 Nama Calon Deputi Gubernur BI Baru

News - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
29 January 2018 17:08
Jokowi Ajukan 3 Nama Calon Deputi Gubernur BI Baru
Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengirimkan nama calon Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) pengganti Perrry Warjiyo. Ketiga nama tersebut adalah Dody Budi Waluyo, Wiwiek Sisto Widayat, dan Doddy Zulverdi.

"Kami mengusulkan 3 (tiga) orang calon pengganti Sdr. Perry Warjiyo sebagai Deputi Gubernur BI, untuk mendapatkan persetujuan DPR, satu orang di antaranya," demikian kutipan surat yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (29/1/2018).

Ketiga nama tersebut diamini oleh Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan. "Ada pak Dody Budi Waluyo, Pak Wiwiek dan Pak Dody Zulverdi," kata Taufik lewat sambungan telepon kepada CNBC Indonesia.


Adapun ketiga nama lengkap dan jabatannya yakni :
  • Dody Budi Waluyo : Asisten Gubernur, Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi Moneter BI
  • Wiwiek Sisto Widayat : Direktur Eksekutif, Kepala Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat
  • Doddy Zulverdi : Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI

Perry Warjiyo dilantik berdasarkan Kepres Nomor 28/P Tahun 2013 tanggal 5 April 2013 sehingga masa kepemimpinan Perry Warjiyo sebagai Deputi Gubernur berakhir pada 15 April 2018.

Taufik menambahkan, nantinya ketiga nama tersebut akan dibacakan ke Rapat Paripurna DPR dalam waktu dekat. "Nah setelah Paripurna nanti dibawa ke Bamus. Tanpa mendahului Bamus, biasanya fit and proper akan dilakukan di Komisi XI," ungkapnya.

Taufik mengharapkan Komisi XI bisa menyelesaikan sebelum 15 April 2018 di mana tanggal tersebut merupakan tanggal akhir dari masa jabatan Perry Warjiyo. "Saya imbau secepatnya dilakukan fit and proper test Komisi XI. Nanti Februari kan ada reses juga. Entah mungkin dilakukan fit and proper setelah atau sebelum reses, intinya sebelum 15 April 2018," ungkap Taufik.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan nama-nama calon deputi gubernur BI sudah diusulkan kepada DPR. Sayangnya untuk Calon Gubernur BI pengganti Agus Martowardojo yang habis pada Mei 2018 belum.

“Ada tiga nama yang diajukan Pak Presiden kepada DPR. Jadi, surat itu sudah masuk ke DPR mungkin sekitar dua minggu lalu saya kira,” kata Pratikno.

“Sekarang prosesnya untuk pengisian satu deputi Gubernur BI yang kosong itu ada di DPR. Sedangkan untuk pengusulan calon Gubernur BI memang belum diusulkan oleh Pak Presiden ke DPR karena waktunya masih cukup,” tambahnya. (dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading