Punya Cicilan Rp 2 Miliar Kayak Raffi Ahmad, Apakah Wajar?

My Money - Aulia Akbar, CNBC Indonesia
10 March 2023 13:13
Raffi Ahmad datang ke pernikahan Kaesang. Foto: instagram

Jakarta, CNBC Indonesia - Seperti diberitakan di Detik.com, Raffi Ahmad yang dipandang sebagai artis kaya raya ternyata pernah memiliki cicilan utang Rp 2 miliar. Dan cukup mengejutkan bahwasannya, cicilan itu adalah cicilan bulanan.

Cicilan itu diambil oleh Raffi ketika dirinya masih lajang dan di masa awal menikah dengan Nagita Slavina.

Kabarnya, cicilan tersebut adalah cicilan yang dimiliki Raffi pada saat itu adalah cicilan konsumtif sebut saja seperti rumah, mobil, dan lainnya. Akan tetapi hal itu justru membuat Raffi jadi semangat dan termotivasi untuk bekerja.

Meski demikian, Raffi juga bilang kalau ada kesalahan strategi keuangan hingga akhirnya cicilan itu membuat Raffi stres. Raffi sendiri berpesan untuk Anda agar berhati-hati ketika mengambil cicilan, jangan sampai terlalu tinggi dan Anda pun harus menyesuaikan besarannya dengan penghasilan Anda.

Besaran cicilan yang wajar

Untuk mengukur batas wajar cicilan bulanan, Anda bisa menggunakan pendapatan rutin yang Anda terima setiap bulan atau tahun.

Adapun besaran cicilan yang wajar adalah 30% dari pemasukan bulanan. Lebih dari itu, tentu akan terasa berat bagi Anda.

Semakin besar cicilan tentu akan membuat Anda semakin sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan menabung maupun berinvestasi untuk jangka panjang.

Apapun jenis utangnya, itu akan jadi pengeluaran pasif

Terlepas dari utang konsumtif maupun produktif, utang akan tetap jadi pengeluaran pasif yang wajib dibayar. Keberadaan utang tentu menjadi beban finansial tersendiri bagi Anda.

Tanpa perhitungan yang matang, keuangan Anda bisa jadi berantakan dan jangan kaget ketika Anda melihat banyak orang yang terlilit utang karena mencoba membayar utang dengan mengajukan utang baru.

Oleh karena itu, sebelum berutang untuk membeli rumah, mobil, maupun barang-barang konsumtif kebutuhan rumah tangga lainnya, pastikan Anda sudah memiliki dana darurat sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sudah Mau 2023 Utang Pinjol Masih Numpuk? Begini Solusinya


(aak/aak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading