Cara Memulai Bisnis Online dari Awal untuk Pemula

My Money - Dwitya Putra, CNBC Indonesia
14 December 2022 14:28
Bisnis Online Foto: dok Bisnis Online

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak yang beranggapan membangun situs web, membuat produk, dan memasarkan diri sendiri dapat menjadi hal yang menakutkan, bahkan bagi pengusaha yang paling berpengalaman sekalipun. Padahal, ada banyak cara memulai bisnis online dari nol untuk pemula.

Ada beberapa langkah kunci untuk memulai bisnis online dari awal yang di himpun dari AshefaNews. Pertama, Anda perlu memilih model bisnis yang paling sesuai dengan keahlian dan minat Anda. Selanjutnya, Anda perlu memilih ceruk pasar dan membangun situs web di sekitarnya.

Setelah situs web Anda aktif dan berjalan, selanjutnya mengarahkan lalu lintas ke sana melalui SEO atau pemasaran media sosial. Terakhir, Anda perlu memonetisasi situs web dengan iklan atau pemasaran afiliasi.

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, ada sejumlah sumber daya online yang tersedia yang dapat membantu Anda memulai bisnis online dari nol. Salah satu pilihan populer adalah buku Memulai Bisnis Online Anda Sendiri dalam 12 Langkah Sederhana oleh Meagan Francis.

Buku ini memandu Anda melalui seluruh proses memulai bisnis online mulai dari memilih model bisnis hingga membangun situs web dan mengarahkan lalu lintas ke sana.

Berikut beberapa tips untuk Anda mulai bisnis online:

1. Lakukan riset.

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memulai bisnis online, jadi penting untuk mengerjakan pekerjaan rumah Anda dan mencari tahu jenis bisnis apa yang tepat untuk Anda. Apa saja minat kamu? Apa kemampuanmu? Seperti apa pasar untuk produk atau layanan Anda? Menjawab pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu Anda mempersempit pilihan dan memilih jalur yang tepat untuk bisnis Anda.

2. Bangun situs web yang bagus.

Situs web Anda akan menjadi salah satu aset terbesar Anda, jadi pastikan itu dirancang dengan baik dan ramah pengguna. Berinvestasilah di perusahaan hosting web yang bagus dan luangkan waktu untuk membuat situs yang memamerkan produk atau layanan Anda sebaik mungkin.

3. Buat konten yang berharga.

Baik Anda membuat blog, memposting di media sosial, atau mengirim buletin email, pastikan konten yang Anda bagikan menarik dan memikat. Ini akan membantu menarik pelanggan baru dan membuat pelanggan yang sudah ada kembali lagi.

4. Promosikan bisnis Anda secara online.

Untuk berhasil secara online, Anda perlu memastikan orang tahu tentang bisnis Anda. Gunakan teknik pengoptimalan mesin telusur (SEO) untuk memastikan situs Anda muncul di hasil penelusuran yang relevan, dan memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau calon pelanggan.

5. Melacak keuangan Anda.

Saat menjalankan bisnis apapun, penting untuk melacak keuangan Anda dan memastikan Anda tetap sesuai anggaran Anda. Ini terutama berlaku untuk bisnis online, yang dapat memiliki biaya tambahan seperti hosting situs web dan pemasaran online.


[Gambas:Video CNBC]

(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading