Catat Nih! Tips Liburan Anti Boncos

My Money - Robertus Andrianto, CNBC Indonesia
24 November 2022 17:35
Petugas melakukan pengecekann tiket dan surat bebas covid-19 penumpang sebelum memasuki ruang tunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (28/10/2020). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto) Foto: Petugas melakukan pengecekann tiket dan surat bebas covid-19 penumpang sebelum memasuki ruang tunggu keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (28/10/2020). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Libur akhir tahun atau Natal-Tahun Baru (Nataru) akan meningkatkan antusias masyarakat untuk pergi wisata. Menghasbiskan akhir tahun bersama orang-orang dicintai seperti keluarga atau pasangan, teman-teman, atau bahkan traveling sendirian.

Apapun pilihannya nanti yang pasti liburan akan terasa menyenangkan. Jauh lebih menyenangkan jika sepulang liburan kondisi dompet tidak bolong alias boncos.

Berikut tips-tips untuk Sobat Cuan biar liburan happy tapi anti boncos:

1. Rencanakan anggaran liburan dengan matang

Liburan adalah hal yang menyenangkan tapi jangan sampai tidak merencanakan anggaran liburan jika ingin tidak dompet bolong. Rencanakan mulai dari jenis transportasi, akomodasi, kegiatan, tempat wisata tujuan, hingga oleh-oleh yang akan dibeli.

Anggaran bisa menentukan rencana liburan dalam berbagai hal. Misalnya saja dalam menentukan jenis transportasi yang akan digunakan hingga kelasnya. Jika ingin hemat, kereta atau bus atau penerbangan kelas ekonomi bisa menjadi pilihan.

2. Pisahkan anggaran liburan dengan pengeluaran sehari-hari

Dua anggaran ini baiknya jangan sampai digabung jika tidak ingin isi kantong terkuras. Pisahkan kedua anggaran ini karena memiliki tujuan yang berbeda.

Ingat! Setelah liburan biaya kebutuhan sehari-hari harus tetap terpenuhi. Jadi tetap pisahkan kedua anggaran tersebut.

3. Cari diskon akomodasi dan transportasi

Biasanya menjelang liburan akhir tahun diskon-diskon banyak beredar dari penyedia akomodasi seperti hotel hingga sewa kendaraan. Begitu juga dengan penginapan seperti hotel atau guest house. Diskon bisa dimanfaatkan untuk menghemat anggaran liburan.

Alangkah lebih baik jika akomodasi tersebut dipesan satu bulan sebelum keberangkatan atau sebelum tanggal libur. Sebab jika terlalu mepet akan dikenakan harga peak season yang pastinya lebih mahal.

4. Ikut Paket Wisata/ Open Trip

Salah satu cara menghemat dan buat yang tidak mau repot hitung budget adalah ikut paket wisata yang ditawarkan oleh penyedia layanan wisata. Biasanya biaya yang harus dibayar sudah meliputi berbagai fasilitas seperti akomodasi, transportasi, bensin, makan, dan foto/video. Sehingga berpotensi bisa lebih murah.

Ada juga paket Open Trip, mudahnya ini adalah wisata patungan dengan pelancong lain. Misalnya wisata ke Bromo seharga Rp 1.500.000 per orang dengan fasilitas lengkap seperti jeep, foto, sarapan, dan oleh-oleh. Namun karena program Open Trip biaya wisata ke Bromo bisa hanya sebesar Rp350.000 per orang. Penyebabnya adalah biaya transportasi jeep yang berkapasitas 5 orang tidak diisi sendiri melainkan bersama wisatawan lain.

5. Utang, Kenapa Tidak?

Saat ini pembelian tiket transportasi, akomodasi, hingga tiket masuk wisata bisa dibeli secara online. Platform penyedia layanan beli online tersebut pun bisa dibayar dengan utang, baik dengan kartu kredit atau pay later.

Tapi jangan asal berhutang! Liat dulu kesehatan finansial pribadi. Maksimal total hutang 25% dari pengeluaran bulanan. Jadi jangan asal berhutang ya...

TIM RISET CNBC INDONESIA


(ras/ras)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading