Robert Kiyosaki Jamin Aset Ini Bisa Bikin Kaya

My Money - Verda Nano Setiawan, CNBC Indonesia
20 November 2022 06:41
Robert Kiyosaki, dok Basabali.org Foto: Robert Kiyosaki, dok Basabali.org

Jakarta, CNBC Indonesia - Penulis buku terpopuler Rich Dad Poor Dad, Robert Kiyosaki mempunyai saran terkait aset yang harus dibeli dalam skenario pasar saat ini. Adapun aset tersebut paling tidak harus berbentuk urang.

Dalam bukunya, Kiyosaki mengungkapkan tiga pelajaran Rich Dad. Pertama, rumah bukan aset. Kedua, penabung adalah pecundang. Ketiga, orang kaya tidak bekerja untuk dolar AS.

"Orang kaya adalah pengusaha yang tidak membutuhkan pekerjaan," kata Kiyosaki di Twitter, Kamis (22/9/2022).

Menurut dia orang kaya dapat mengambil peluang ketika pasar jeblok. Salah satunya dengan menciptakan lapangan kerja dan aset sendiri. Dengan demikian, tahun ini menjadi momentum untuk mendulang kekayaan.

Dalam cuitan sebelumnya, Kiyosaki menyarankan investor untuk berinvestasi dalam uang nyata. "Penabung akan menjadi pecundang terbesar. Berinvestasi dalam UANG NYATA. Emas, perak, dan Bitcoin," kata dia.

Selama wawancara dengan Kitco News, penulis buku terlaris ini secara lebih luas merekomendasikan "aset keras" termasuk emas dan perak untuk melindungi aset ketika ekonomi bergejolak.

"Apa pun yang bisa dicetak, seperti sertifikat saham, obligasi, atau dolar, saya tidak menginginkannya. Saya adalah penggemar emas, perak, minyak," ungkap dia.

Harga kripto sendiri mengalami penurunan yang cukup dalam beberapa waktu belakangan ini. Meski demikian, Kiyosaki optimis untuk Bitcoin dapat mencapai posisi US$ 10.000.

"Mengapa membeli emas, perak, Bitcoin? Pivot Bank of England berarti membeli lebih banyak GSBC. Ketika dana pensiun hampir ambruk, Bank Sentral tidak dapat memperbaikinya...INFLASI. Pensiun selalu berinvestasi di G&S (emas dan perak). Dana pensiun sekarang berinvestasi di Bitcoin. Mereka tahu Fake $, saham & obligasi adalah roti panggang," katanya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Mau Cuan dari Nilai Investasi Unit Link? Perhatikan Hal Ini


(Verda Nano Setiawan/ayh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading