Resep Cepat Kaya Warren Buffett, Terbukti Ampuh Puluhan Tahun

My Money - Ayyi Hidayah, CNBC Indonesia
09 November 2022 16:40
warren buffet. Ist Foto: warren buffet. Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Investor kawakan dan CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett, dikenal karena kebijaksanaannya. Dalam satu kesempatan, Buffett membocorkan salah satu rahasia suksesnya yang menurutnya dapat meningkatkan nilai seseorang hingga 50%, dan tentunya membuat jadi kaya.

Hal itu dibeberkan Buffett kepada sekelompok mahasiswa bisnis di Universitas Columbia dalam acara balai kota yang disiarkan televisi pada tahun 2009.
Buffett mengatakan bahwa ia akan membayar US$ 100.000 untuk 10% dari penghasilan mereka di masa depan, jika mereka tertarik menemuinya setelah kelas selesai.

"Sekarang, Anda dapat meningkatkan nilai Anda hingga 50% hanya dengan mempelajari keterampilan komunikasi, berbicara di depan umum. Jika itu masalahnya, temui saya setelah kelas dan saya akan membayar Anda US$ 150.000," ujar Buffett kala itu.

Kemampuan berbicara di depan umum

Buffett mengatakan, kemampuan berbicara di depan umum adalah aset yang akan bertahan selama 50 tahun atau 60 tahun. Dan menurutnya itu adalah kewajiban. "Jika Anda tidak suka melakukannya atau tidak nyaman melakukannya, itu juga akan bertahan selama 50 tahun atau 60 tahun, dan itu perlu keahlian," terangnya.

Ini adalah salah satu dari beberapa contoh Buffett menasehati kita untuk mengasah keterampilan komunikasi kita sebagai kunci sukses. Jelas, itu berhasil untuk Buffett, karena nilainya telah meningkat hingga hampir US$ 118 miliar pada hitungan terakhir.

Tapi itu tidak mudah bagi Buffett, seandainya ide berbicara di depan umum membawa rasa gentar Anda sendiri. Miliarder itu secara terbuka mengakui bahwa selama sekolah menengah dan perguruan tinggi, dia takut berbicara di depan umum sampai muntah.

Mengambil kursus berbicara di depan umum di Dale Carnegie mengubah hidupnya, kata Buffett. Saat Anda masuk ke kantor Buffett di Omaha, satu-satunya plakat yang dengan bangga dipajang di dinding bukanlah gelar sarjana sainsnya dalam administrasi bisnis, yang diperolehnya dari University of Nebraska pada usia 19 tahun.

Bukan, itu diploma komunikasi yang diterimanya pada tahun 1952 dari Dale Carnegie, orang yang mengubahnya. Berbicara di depan umum datang dalam berbagai bentuk, beberapa di antaranya mungkin lebih alami bagi beberapa pembicara.

Ceritakan kisah Anda

Dalam bukunya All In: How Impactful Teams Build Trust from the Inside Out, pakar kepemimpinan Robb Holman menjelaskan bahwa satu teknik sederhana yang dapat Anda mulai praktikkan untuk membawa hasil nyata adalah dengan sekadar menceritakan kisah Anda.
Setiap orang punya cerita untuk diceritakan. Setiap orang memiliki pengalaman hidup yang unik dan perspektif yang unik. Holman tidak asing dengan ide ini.

Dalam episode sebelumnya di podcast Love in Action, Holman membagikan kisah luar biasa tentang bagaimana dia mengalami keajaiban kehidupan nyata setelah mengetahui dia memiliki penyakit misterius, yang dia pikir akan membunuhnya.

Untuk poinnya, Anda memiliki sejarah, dan begitu juga orang lain. Inilah alasan kami memiliki buku dan film favorit-kami terhubung dengan karakter, berhubungan dengan cerita, dan merasa terinspirasi oleh mereka.

Hal ini terutama berlaku bagi para pemimpin orang-orang di tempat kerja. Daripada mengabaikan cerita sebagai tidak relevan, belajar menceritakan kisah Anda sendiri membantu pendengar apakah itu ratusan penonton di acara perusahaan atau tim yang terdiri dari lima orang dalam rapat staf memahami bagaimana terhubung dengan Anda saat membuka lantai bagi mereka untuk berbagi cerita mereka sendiri.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Apa Itu Obligasi: Pengertian, Jenis dan Bedanya Dengan Saham


(ayh/ayh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading