Gaji Perempuan di Sini Lebih Gede dari Laki-laki, Minat?

My Money - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
07 November 2022 15:50
Gaji Naik Foto: Ist

Jakarta, CNBC Indonesia - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan rata-rata upah atau gaji buruh/karyawan mencapai Rp 3,07 juta per bulan, di mana upah buruh laki-laki mencapai Rp 3,33 juta dan buruh perempuan sebesar 2,59 juta.

Meskipun gaji perempuan lebih kecil secara rata-rata, namun terungkap ada kategori pekerjaan yang menawarkan gaji terhadap kaum perempuan yang jauh lebih besar ketimbang kaum laki-laki, merujuk pada data BPS.

Dalam laporan BPS berjudul Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2022, sektor pertambangan dan penggalian menjadi salah satu sektor yang menawarkan upah atau gaji tertinggi bagi para kaumĀ perempuan, mencapai Rp 6,87 juta per bulan.

Sementara di posisi kedua, adalah sektor Pengadaan Listrik dan Gas yang menawarkan gaji sebesar Rp 6,29 juta per bulan. Padahal, besaran gaji yang diterima kaum laki-laki di sektor ini hanya mencapai 4,49 juta per bulan.

Jika melihat lebih jauh lagi, besaran gaji karyawan perempuan yang bekerja di Pengadaan Listrik dan Gas juga jauh lebih besar ketimbang gaji kaum laki-laki di sektor Jasa Keuangan dan Asuransi yang mencapai Rp 5,18 juta per bulan.

"Namun secara umum, upah laki-laki memang lebih tinggi dibandingkan upah buruh perempuan," tulis laporan BPS.


[Gambas:Video CNBC]

(cha/cha)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading