Punya Duit 'Segunung' Bingung Kelolanya? Prioritasin Aja!

My Money - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
16 April 2022 16:13
Nasabah BNI Emerald sedang melakukan penggantian passport di Outlet BNI Emerald BNI Menara Pejompongan di Jakarta, Rabu (25 November 2020). BNI Emerald dan Direktorat Jenderal Imigrasi (dhi Kantor Imigrasi Jakarta Selatan) bekerja sama untuk memberikan layanan pembuatan dan penggantian pasport sehari jadi atau Passport Sameday bagi para nasabah prioritas BNI dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Dok. BNI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak Bank di Indonesia yang saat ini berlomba-lomba menawarkan fasilitas nasabah prioritas untuk nasabah kelas menengah ke atas. Istilah ini juga biasa dikenal dengan layanan Priority Banking. 

Priority Banking sendiri dapat diartikan sebagai layanan perbankan untuk nasabahnya yang menginginkan fasilitas khusus pada layanan prioritas. Layanan ini berguna sebagai faktor keamanan dan kenyamanan untuk uang yang disimpan nasabah.

Untuk menjadi nasabah prioritas, seseorang harus memiliki portofolio keuangan di bank tersebut dengan nominal minimal yang telah ditentukan oleh bank, umumnya minimum Rp 500 juta. Portofolio tersebut dapat berupa investasi, bancassurance, atau dana simpanan berbentuk tabungan, deposito, maupun giro.


Kemudian, nasabah juga harus memiliki sumber dana serta aktivitas penggunaan dana yang memenuhi aspek know your customer (KYC) untuk menghindari praktik pencucian uang oleh nasabah serta internal fraud oleh karyawan bank.

Nasabah juga harus bersih dari daftar hitam, artinya, tidak pernah melakukan tindakan yang merugikan pihak bank seperti kredit macet dan sejenisnya. Selain itu, nasabah harus memiliki dana simpanan sebesar minimum yang dipersyaratkan dari hasil usaha atau bekerja, bukan dari pinjaman bank.

Meski syaratnya terlihat banyak, namun layanan kepada nasabah ini dapat memberikan sesuatu yang eksklusif sesuai dengan kebutuhan. Layanan yang sering didapatkan nasabah saat menjadi nasabah prioritas adalah Wealth Management.

Wealth management merupakan layanan penasihat investasi yang menghubungkan layanan keuangan untuk memenuhi kebutuhan kliennya. Wealth manager akan melihat kondisi saat ini, tujuan yang ingin dicapai dan profil risiko nasabah, dan akan menyusun suatu portfolio investasi, mengelola dana, asuransi, dan lain sebagainya.

Melalui wealth management, nasabah juga bisa berkonsultasi ke penasihat keuangan tingkat tinggi guna mendapatkan strategi keuangan yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan mereka.

Selain mendapatkan penasihat keuangan pribadi, nasabah prioritas juga akan mendapatkan beberapa keuntungan lain. Apa saja? 

Hari lahir atau ulang tahun nasabah prioritas dirayakan Bank. Kemudian undangan VVIP dan menghadiri berbagai event eksklusif dari Bank. Juga terkait akses ke berbagai executive lounge di berbagai bandara di Indonesia. Sampai layanan penyewaan private jet, serta layanan personal travel assistant.

Tidak ketinggalan juga berbagai benefit untuk mendukung aktivitas sehari-hari seperti diskon spesial di berbagai restoran, hotel, atau merchants. Pun ada keamanan ganda safe deposit box untuk melindungi aset. Lalu tentunya yang paling bermanfaat adalah promo suku bunga.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Intip Perbedaan 2 Logo yang Kerap Mejeng di Kartu Kredit


(bul/bul)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading