Ini Lho, Cara Ampuh Sehat Finansial Lewat Mobile Banking

My Money - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
29 March 2022 11:11
Ilustrasi Perencanaan Keuangan (Dok: Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Pengelolaan keuangan menjadi hal yang sangat penting dalam keseharian masyarakat, karena dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan harian ataupun mencapai tujuan finansial masa depan. Sayangnya, masih banyak rang yang melakukan kesalahan dalam pengelolaan keuangan, sehingga terjebak dalam masalah finansial. Bahkan, masalah tersebut sering ditemukan di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan hadirnya mobile banking dari perbankan.

Padahal, kehadiran mobile banking sebenarnya bisa memudahkan pengelolaan keuangan jika digunakan secara tepat. Ada berbagai macam kesalahan dalam mengatur keuangan ketika menggunakan mobile banking, di antaranya sebagai berikut.

Tidak Memperbarui Anggaran


Dengan menggunakan mobile banking bisa memudahkan untuk melakukan pengecekan mutasi rekening. Dari mutasi rekening tersebut kamu bisa mengetahui berapa dana yang dibutuhkan untuk kebutuhanmu.

Bila hanya mencatat anggaran namun tidak melakukan evaluasi, tentu akan percuma. Untuk itu, beri pengingat khusus untuk melakukan evaluasi anggaran dalam jangka waktu tertentu. Dengan cara ini, kamu akan lebih percaya diri dengan anggaran yang sudah ditetapkan.

Menunda Pembayaran Tagihan

Kemudahan pembayaran melalui mobile banking, nyatanya masih membuat orang suka menunda melakukan pembayaran tagihan.  Padahal dengan semakin lama, uang yang seharusnya digunakan untuk membayar tagihan malahan terpakai dan berbuah denda keterlambatan.

Memiliki Yang Target Kurang Realistis

Saat mengatur keuangan, hindari hanya menuliskan angka-angka dengan target yang terkesan tidak realistis. Memasang anggaran yang tidak realistis membuat kesulitan untuk mengaturnya.

Contohnya ketika tinggal di kota besar, tapi hanya menargetkan pengeluaran sebesar Rp 1 juta. Anggaran yang baik merupakan anggaran yang seimbang antara kebutuhan dan tujuan keuangan.

Untuk membantumu menentukan target, kamu bisa menghitung kebutuhan bulan lalu, kemudian lakukan evaluasi, sehingga mendapatkan angka yang realistis.

Tidak Melakukan Investasi

Hal lain yang membuat seseorang sulit mengatur keuangan sendiri adalah tidak mau tahu mengenai masalah investasi dan masa depan keuangannya. Masa depan menjadi hal yang tidak bisa diprediksi sehingga harus direncanakan dari sekarang.

Cara merancang keuangan di masa mendatang bergantung dari pengelolaan keuangan hari ini. Apabila investasi di masa depan tidak dihiraukan, tentu bisa mempengaruhi kondisi keuangan yang dimiliki di masa mendatang.

Sekarang ini, beberapa mobile banking sudah dilengkapi dengan aktivitas untuk melakukan investasi, seperti melakukan pembelian reksadana. Sayangnya tidak semua orang memanfaatkannya.

Mobile Banking Untuk Kalkulasi Keuangan

Masih banyak orang yang menerka jumlah pengeluaran dalam waktu satu bulan, padahal mutasi rekening bisa dilihat melalui mobile banking. Jika hal ini terus menerus berlanjut, tentu saja dampaknya bisa sangat buruk untuk stabilitas keuangan.

Untuk mengatasi masalah ini, sebenarnya kamu bisa mulai menghitung total pengeluaran dalam satu bulan dengan mengecek mutasi rekening. Pikirkan biaya yang akan dikeluarkan untuk keperluan utama, seperti biaya makan per hari, biaya transportasi, internet, pulsa, hingga menyewa kamar kost.

Untuk menghindari kesalahan pengaturan keuangan di era teknologi ini kamu bisa memanfaatkan mobile banking. Berikut tips yang bisa dilakukan untuk membuat keuangan lebih sehat dengan memanfaatkan mobile banking.

Menabung Setiap Bulan

Setiap orang pastinya memiliki tujuan finansial di masa mendatang, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan menabung secara rutin. Dengan memiliki tabungan, kamu juga akan merasa nyaman karena mempunyai tabungan yang dapat digunakan untuk pengeluaran hari esok.

Berapa pun penghasilan yang kamu miliki, usahakan menabung minimal 10% dari keseluruhan yang diperoleh setiap bulan. Jika pendapatanmu lebih besar, kamu bisa membuat persentase yang lebih besar. Adapun kamu bisa mulai menabung dengan cara memindahkannya ke rekening yang terpisah.

Belanja Cerdas

Meski mobile banking menawarkan kemudahan dalam pembayaran dan berbelanja, bukan berarti kamu bisa mudah berbelanja tanpa mempertimbangkan apa pun. Kamu harus menciptakan kebiasaan belanja dengan bijak agar nantinya tidak menjadi konsumtif.

Hal tersebut menjadi kebiasaan mutlak yang diperlukan oleh semua orang, termasuk jika sudah berkeluarga. Sebenarnya, kamu sudah menyadari serta tidak ingin melakukan kebiasaan belanja secara berlebihan. Sayangnya terkadang tidak bisa menahan nafsu belanja yang tinggi. Untuk menghindari kebiasaan belanja berlebihan, kamu bisa mulai membuat skala prioritas sehingga hanya belanja sesuai dengan kebutuhan.

Kreatif dalam Berhemat

Ada berbagai cara yang dapat kamu lakukan untuk berhemat. Contohnya dengan memanfaatkan promo-promo dari mobile banking, seperti cashback pengisian e-wallet atau pembayaran tagihan.

Tentu saja kamu harus memilih yang sesuai terlebih dahulu, apakah kamu benar-benar membutuhkan pengeluaran tersebut atau tidak. Jika kamu tidak membutuhkannya, tentu saja kamu tidak perlu melakukan pembelian.

Jangan Menunda Investasi

Tidak sedikit orang yang takut melakukan investasi karena tidak memiliki cukup uang. Padahal banyak instrumen investasi yang memerlukan dana mulai dari Rp 100 ribuan. Di beberapa aplikasi mobile banking, kamu dapat melakukan investasi reksadana langsung dari aplikasi tersebut.

Jika ingin melakukan investasi, jangan lupa untuk menetapkan tujuan keuangan. Contohnya ketika berinvestasi untuk masa pensiun, atau investasi untuk menggelar pesta pernikahan. Dengan menentukan tujuan investasi, kamu jadi tahu produk mana yang harus kamu ambil.

Catat Pengeluaran dan Pemasukan secara Rutin

Usahakan kamu melakukan transaksi dengan menggunakan mobile banking, sehingga semua transaksi tercatat dengan baik. Jika tidak, kamu bisa membuat catatan sendiri.

Berlatihlah secara rutin mencatat pengeluaran serta pemasukan. Hal ini sebenarnya sangat mudah dilakukan, selain itu metodenya juga sangat sederhana, bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Selain itu dengan melakukan pencatatan, kamu bisa melihat secara mendetail setiap putaran uang dalam masa tertentu. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai acuan merubah kebiasaan keuangan yang tidak baik.

Pilihan Aplikasi Mobile Banking

Banyak yang menganggap jika mobile banking hanya dapat digunakan untuk cek rekening bank atau transfer. Padahal, banyak sekali fitur perbankan yang ditawarkan aplikasi mobile banking zaman sekarang sehingga kamu bisa mengelola keuangan dengan lebih baik.

Salah satu pilihan mobile banking yang banyak direkomendasikan adalah PermataMobile X. PermataMobile X merupakan aplikasi mobile banking dari PermataBank.

Sebagai sebuah aplikasi mobile banking yang banyak digunakan, PermataMobile X memiliki kelebihan tersendiri. Di antaranya #AdaRatusanFitur dalam PermataMobile X yang siap membantu seluruh transaksi perbankan. Tentu saja fitur-fitur ini akan terus dikembangkan dari waktu ke waktu mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan para nasabah.

Selain itu, dengan menggunakan PermataMobile X, transaksi bisa dilakukan dengan praktis seperti membuka rekening online, mengajukan kartu kredit dan KTA online, bahkan melakukan berbagai transaksi investasi reksadana, mulai dari pembelian, penjualan, hingga switching secara online. Seluruh hal tersebut dapat kamu lakukan hanya menggunakan satu aplikasi.

Berbagai hal bisa dilakukan menggunakan PermataMobile X, seperti pengecekan mutasi sampai 12 bulan terakhir, pembayaran berbagai macam tagihan mulai dari telepon, listrik, internet, dan berbagai tagihan lainnya.

Nasabah juga bisa melakukan isi ulang e-wallet, pulsa dan paket data, voucher game dan token listrik hanya dalam satu aplikasi, pembayaran secara cashless menggunakan fitur QR Pay di berbagai merchant. Kemudian tarik tunai tanpa kartu di seluruh gerai Indomaret dengan fitur Mobile Cash, kirim hadiah dengan fitur WhatsApp Gift, yakni transfer dana disertai kartu ucapan ke nomor WhatsApp, serta mengajukan kenaikan limit sementara credit card secara praktis hanya dengan sentuhan jari

Cara Melakukan Pendaftaran PermataMobile X

Untuk melakukan berbagai transaksi di atas, kamu harus melakukan pendaftaran PermataMobile X terlebih dahulu. Berikut langkah melakukan pendaftaran PermataMobile X.

-Download aplikasi PermataMobile X di App Store atau di Google Play Store

-Buka aplikasi PermataMobile X

-Jika sudah memiliki rekening PermataBank, kamu bisa memilih ya ketika terdapat pertanyaan "Apakah kamu punya rekening PermataBank?"

-Jika belum memiliki rekening PermataBank, kamu bisa memilih tidak. Nantinya akan diarahkan ke PermataStore agar bisa melakukan pembukaan rekening

-Ketika mendapati pertanyaan "Apakah kamu memiliki user ID PermataMobile X?" Kamu bisa memilih tidak

-Pilih apakah kamu akan melakukan pendaftaran PermataMobile X menggunakan kartu kredit atau nomor rekening

-Ikuti semua petunjuk sampai selesai dan user ID-mu akan bisa digunakan

Mengelola keuangan dengan cermat menjadi hal yang harus dibiasakan dari sekarang, lebih-lebih ketika sudah menggunakan mobile banking. Pastikan memilih PermataMobile X untuk memudahkan transaksi perbankan.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
Features
    spinner loading