Pandemi Ciptakan Peluang Baru Dalam Dunia Transaksi Digital

My Money - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
04 March 2022 11:51
Pemanfaatan teknologi QR Cross Border untuk memudahkan transaksi perbankan.

Jakarta, CNBC Indonesia - Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi, belanja secara online semakin populer dan menjadi satu hal yang lumrah untuk dilakukan. Selain jauh lebih praktis, belanja secara online akan memberikan penawaran berupa adanya berbagai pilihan produk sehingga para pembeli dapat mencari produk yang sedang diinginkan.

Bahkan, tidak hanya itu saja dengan banyaknya jenis pembayaran secara digital juga lebih mempermudah pembeli di dalam melakukan transaksi. Hanya dalam hitungan detik saja, transaksi pembayaran dapat dilakukan secara cepat tanpa perlu bertemu antara penjual dan juga pembeli.

Terlebih lagi ketika pandemi berlangsung, hal tersebut membuat kebiasaan baru di kalangan masyarakat, dimana adanya peraturan social distancing membuat sebagian besar masyarakat melakukan berbagai kegiatan secara online. Bahkan, untuk belanja kebutuhan rumah tangga sampai dengan kebutuhan dapur dapat dilakukan secara online.


Hal tersebut tentu saja menciptakan sebuah peluang transaksi digital sehingga saat ini banyak sekali hal yang dilakukan secara online, termasuk belanja berbagai kebutuhan rumah.

Meskipun demikian, transaksi pembayaran digital memang memberikan keuntungan tersendiri. Transaksi menjadi lebih mudah, praktis dan tentu saja menghindari resiko penipuan ataupun uang kurang ketika sedang belanja.

Untuk dapat menunjang pembayaran digital tersebut, tentu saja ada banyak jenis pembayaran digital yang dapat Anda pilih untuk bertransaksi. Apa saja? Berikut, adalah beberapa di antaranya:

Pembayaran Digital dengan Kartu Kredit

Kartu kredit ini dapat menjadi salah satu solusi yang sering kali ditawarkan ketika ingin melakukan transaksi online. Prosesnya sendiri cukup cepat dan juga mengusung konsep "bayar di akhir bulan". Hal tersebut tentu saja memungkinkan Anda untuk membeli barang yang dibutuhkan tanpa perlu membayar saat itu. Atau, dapat dikatakan Anda dapat membayarnya setelah gajian.

Tidak hanya itu saja, kartu kredit yang berlogo MasterCard, Visa dan juga Amex ini dapat memungkinkan para pembeli melakukan transaksi secara lintas negara. Anda hanya perlu mencari barang yang diinginkan melalui internet, kemudian selesaikan transaksi dengan kartu kredit Anda. Barulah Anda dapat menunggu barang tersebut sampai ke tangan.

Manfaat lain dari kartu kredit ini sendiri adalah beberapa dari kartu kredit sering kali menawarkan cicilan 0%. Cicilan 0% tersebut adalah skema yang mana memperbolehkan para pembeli untuk mengangsur pembayaran tanpa perlu membayarkan biaya tambahan ataupun tanpa bunga yang besar. Dengan demikian, cashflow terjaga, pembelinya juga senang.

Transfer Bank

Di Indonesia sendiri, metode pembayaran dengan transfer antar rekening bank melalui fitur m-banking ini menjadi yang paling sering dan umum digunakan. Hanya dengan modal rekening bank serta smartphone saja, Anda sudah dapat melakukan berbagai transaksi melalui transfer secara leluasa dan saldo Anda akan otomatis masuk ke rekening penjual sesuai dengan jumlah transfernya.

Sebelumnya, pembayaran menggunakan transfer bank ini mengharuskan Anda untuk melakukan transaksi di mesin ATM. Namun, saat ini dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, yang terpenting adalah terkoneksi dengan internet.

E-wallet


Dengan menggunakan sistem QR Code atau push notification, nantinya Anda dapat melakukan transaksi hanya menggunakan smartphone di tangan. Pembayaran tersebut nantinya akan secara otomatis terkonfirmasi dari sistem. Dengan demikian, sebagai pembeli Anda dapat merasakan pengalaman belanja secara mudah, praktis dan cepat.

Mengingat penggunaan dari metode pembayaran e-wallet ini masih relatif baru di daerah Indonesia, masih ada banyak sekali promo yang diluncurkan penyedia jasa dompet digital tersebut untuk dapat mendukung sosialisasi dari penggunaan sistem pembayaran e-wallet. Dengan demikian, jangan sampai ketinggalan.

Credit Payment


Berbeda dengan kartu kredit, sistem pembayaran menggunakan credit payment ini melibatkan merchant yang sudah bekerjasama dengan penyedia layanan credit payment untuk melakukan suatu transaksi pembayaran. Metode pembayaran digital tersebut memang sangat praktis.

Anda nantinya hanya perlu mendaftar dengan KTP Indonesia secara online untuk dapat menentukan besaran limit yang diizinkan. Dengan persyaratan pendaftaran lebih mudah dan terjangkau untuk kalangan masyarakat. Untuk cara pembayaran cicilan tanpa menggunakan kartu kredit diprediksi akan semakin diminati.

Gerai Retail

Walaupun pembayaran digital terus berkembang, sebagian masyarakat Indonesia tetap memilih untuk membayar menggunakan uang kartal. Untuk memfasilitasi grup customer ini, muncullah pembayaran gerai retail yang bisa dibayarkan melalui cabang kantor pos atau minimarket yang tersebar di Indonesia. Customer akan diberikan kode khusus sebagai ID pembayaran. Beli online, bayar offline.

Direct Debit

Direct debit ini merupakan sebuah metode pembayaran elektronik yang mana memungkinkan bank untuk dapat menarik dana dengan otomatis dari rekening nasabah untuk melakukan transaksi pembayaran.

Dengan menggunakan fitur ini, Anda hanya perlu melakukan registrasi kartu sebanyak satu kali. Untuk transaksi yang berikutnya, pelanggan hanya perlu memasukkan kode One Time Password atau OTP yang sudah diterima.

Jadi, itulah beberapa metode pembayaran yang dapat dipilih saat ingin menggunakan pembayaran digital. Hal tersebut karena pembayaran digital sedang diminati sehingga Anda dapat mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan. Hal ini menjadi salah satu dampak dari pandemi, dimana perubahan kebiasaan ketika pandemi menciptakan sebuah peluang transaksi digital.

Oleh karena itu, sampai saat ini ada banyak pihak yang memilih untuk menggunakan sistem pembayaran digital agar lebih mudah dan praktis. Salah satunya adalah menggunakan layanan payment gateway Indonesia dari Duitku yang mana sudah dipercaya banyak orang, terutama para pengusaha besar untuk mempermudah transaksi pembayaran digital.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Apa Sih Kartu Kredit, Ada Manfaatnya?


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading