Eksklusif! Ini 2 Nama Calon Deputi Gubernur BI Pilihan Jokowi

Market - Hadijah Alaydrus, CNBC Indonesia
06 February 2023 20:39
FILE PHOTO - The logo of Indonesia's central bank, Bank Indonesia, is seen on a window in the bank's lobby in Jakarta, Indonesia September 22, 2016.  REUTERS/Iqro Rinaldi/File Photo Foto: REUTERS/Iqro Rinaldi

Jakarta, CNBC Indonesia - Masa tugas Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Dody Budi Waluyo akan segera berakhir pada April 2023. Adapun, Dody telah menjabat sebagai Deputi Gubernur BI sejak 2018.

Menurut sumber CNBC Indonesia, dua nama calon sudah masuk ke meja Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk menduduki jabatan deputi gubernur. Kedua nama tersebut merupakan sosok internal dari bank sentral.

Pertama adalah Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Filianingsih Hendarta dan kedua, Kepala Departemen Regional sekaligus Asisten Gubernur BI Dwi Pranoto.

"Saya mendengar begitu (Filianingsih) dan infonya Bapak Dwi Pranoto," ungkap sumber CNBC Indonesia yang mengetahui perihal pencalonan tersebut.

Adapun, kedua nama tersebut nantinya akan mengikuti fit and proper test yang dilakukan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Proses pencalonan keduanya diajukan oleh Presiden dalam surat yang dikirimkan ke DPR. Usulan keduanya pun mempertimbangkan masukan dari internal BI.

DPR hingga saat ini belum menetapkan tanggal pasti untuk fit and proper test, tersebut. Namun bisa dipastikan, nama calon sudah ditetapkan sebelum April. Artinya, penetapan akan terjadi lebih awal dari penetapan calon gubernur BI yang akan habis masa jabatannya pada Mei 2023.

Dikutip dari data BI, Filianingsih lahir di Surabaya pada tahun 1963. Menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Hukum Universitas Airlangga pada tahun 1985. Mendapatkan gelar Master di bidang Economics & Finance dari Boston University, USA pada tahun 1992.

Filianingsih yang akrab dipanggil Fili merupakan pejabat senior di BI. Dia mengawali karier di BI pada tahun 1986.

Fili saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran sejak tahun 2019. Adapun, Fili pernah menjabat sebagai Kepala Departemen Pengelolaan Moneter (2013-2015), Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial (2015-2019).

Sementara itu, Dwi Pranoto diketahui mengawali karir di Bank Indonesia pada tahun 1988. Dwi Pranoto pernah menjabat sebagai Kepala Perwakilan BI Wilayah III (2012-2013), Kepala Perwakilan BI Wilayah IV (2013-2014), Kepala Departemen Regional II (2014-2019) dan sejak tahun 2019 sampai dengan saat ini menjabat sebagai Kepala Departemen Regional.

Dwi yang lahir di Jakarta pada tahun 1963, menyelesaikan pendidikan sarjana di bidang Teknik Industri Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1986. Dwi pernah mendapatkan gelar master di bidang Business Management di Asian Institute of Management pada tahun 1993.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Butuh Kajian Ilmiah! Rombak BI, OJK & LPS Jangan Buru-buru


(haa/haa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading