Duh! Perusahaan AS 'Cabut' Dari Pengelola Starbucks RI

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
25 January 2023 11:58
Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Tri Susilo) Foto: Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan asal Amerika Serikat General Atlantic (GA) berencana melakukan divestasi kepemilikan sahamnya di pemgegang jaringan Starbucks di Indonesia, yakni PT MAP Boga Adiperkasa Tbk (MAPB).

Mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), General Atlantic melalui entitas usahanya, yaitu GA Robusta F&B Company Ltd yang nantinya akan melelang sebagian atau seluruh sahamnya di emiten MAPB.

Seperti diketahui, General Atlantic saat ini menggenggam sebanyak 421,16 juta saham MAPB atau setara 19,4%.

Sementara, manajemen MAPB menyampaikan, perseroan akan melakukan penawaran terbatas yang bersifat privat (private placement). Hal itu sebagai respon perseroan yang akan membantu GA dalam melelang sahamnya. Penawaran ini akan menyasar pihak-pihak tertentu, baik di dalam negeri maupun luar negeri, yang ditunjuk oleh General Atlantic.

Manajemen MAPB berharap, transkasi afiliasi tersebut dapat menguntungkan perseroan sebab dapat bekerjasama dengan investot potensial yang dapat memberikan dukungan jangka panjang bisnis perseroan.

Meskipun MAPB belum membeberkan harga saham yang akan dilepas oleh GA, namun perseroan mengharapkan pelaksanaan rencana private placement tersebut akan berdampak positif, bukan saja kepada perseroan tapi juga kepada bursa dan pemegang saham publik.

Sebelumnya, General Atlantic Singapore SPV 63 Pte. Ltd (General Atlantic) membeli saham PT Cisarua Mountain Dairy Tbk (CMRY) sebanyak 447,77 jua saham atau setara dengan 5,64% pada 13 Januari 2023 saat harga saham Rp 4.500 per saham.

Adapun tujuan transkasi tersebut untuk investasi dengan kepemilikan saham secara langsung.


[Gambas:Video CNBC]

(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading