3 Tips Jaga Rekening Biar Nggak 'Dibobol Tukang Becak'

Market - Zefanya Aprilia, CNBC Indonesia
25 January 2023 11:50
Gedung Bank BCA Foto: Muhammad Luthfi Rahman

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini, masyarakat dihebohkan oleh kasus pembobolan rekening BCA sebesar Rp 345 juta oleh tukang becak. Pembobolan ini dilakukan dengan modus menggunakan identitas asli nasabah untuk mengelabui pegawai bank.

Pencurian identitas adalah salah satu modus yang paling sering dipakai untuk penarikan uang secara illegal. Kita tentunya harus mewaspadai hal ini.

Mengutip berbagai sumber, berikut tips menjaga keamanan rekening.

1. Cek Rekening Secara Berkala

Melalukan pengecekan rekening secara berkala akan membantu Anda ketika ada sesuatu janggal terjadi. Meskipun pada rekening yang jarang dipakai, Anda harus tetap cek secara teratur.

Seimbangkan angka rekening Anda setiap bulan untuk memastikan pengeluaran debit dari rekening adalah pengeluaran yang benar-benar Anda lakukan. Bila ada yang janggal, segera hubungi pihak bank.

2. Jaga Kerahasiaan PIN

Meskipun tips ini mungkin tampak jelas bagi kita yang telah memiliki rekening giro selama bertahun-tahun, tidak selalu begitu bagi pemegang rekening giro baru.

PIN Anda tidak boleh diberikan kepada siapa pun, bahkan kepada teller bank sekalipun. Jika Anda pernah diminta melalui telepon untuk langsung memberikan PIN kepada orang yang jauh dari Anda, jangan lakukan itu!

Sebagian besar bank memiliki sistem otomatis yang akan meminta Anda memasukkan atau menyebutkan PIN Anda dan kemudian menghubungkan Anda ke teller atau perwakilan bank. Ingatkan anggota keluarga dan orang-orang terkasih Anda untuk jangan pernah memberikan PIN mereka kepada siapa pun.

3. Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Ganti Secara Berkala

Gunakan kata sandi atau PIN yang kuat yang hanya Anda yang bisa ketahui. Jangan lupa untuk ganti kata sandi atau PIN secara berkala.

Tips ini harus diterapkan, khususnya pada perbankan online. Sebab, perbankan online adalah sektor yang paling berkembang pesat untuk para penipu dan pencuri. Sementara perbankan online memberikan kemudahan, ia juga rentan terhadap pencurian.

Salah satu cara untuk memastikan keamanan Anda adalah dengan membuat kata sandi yang kuat. Jangan membuat kata sandi Anda terlalu mudah dengan menggunakan tanggal lahir atau nama anak Anda. Sebaiknya sertakan serangkaian angka, huruf, dan simbol dalam kata sandi Anda untuk membantu memastikan keamanan akun Anda.

4. Berhati-hatilah Saat Anda Mengakses Rekening Anda

Hampir di setiap sudut, Anda dapat mampir ke kedai kopi atau restoran cepat saji lokal serta mendapatkan akses Wi-Fi gratis. Ini memungkinkan Anda menyelesaikan pekerjaan di luar kantor, tetapi pikirkan dua kali untuk menggunakan koneksi internet ini bila ingin mengakses rekening bank Anda.

Ingat, ini masih tempat umum, dan Anda belum tentu tahu tindakan pengamanan apa yang diterapkan. Seseorang yang mengawasi Anda saat Anda masuk atau seorang peretas mungkin dapat memperoleh akses ke akun Anda melalui koneksi Wi-Fi publik.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Begini Modus Tukang Becak Bisa Bobol BCA Rp 345 Juta


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading