Dapet Duit Rp 5,3 T, Aneka Tambang (ANTM) Habisin Buat Ini

Market - Zefanya Aprilia, CNBC Indonesia
17 January 2023 16:01
Pertambangan bauksit PT Aneka Tambang (Antam)‎ (Persero) di Tayan Hilir, Kalimantan Barat (Kalbar), (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul Anwar) Foto: Pertambangan bauksit PT Aneka Tambang (Antam)‎ (Persero) di Tayan Hilir, Kalimantan Barat (Kalbar), (CNBC Indonesia/Muhammad Choirul Anwar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten tambang milik BUMN PT Aneka Tambang Tbk atau ANTAM (ANTM) melaporkan realisasi penggunaan dana hasil penawaran umum dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) tahun 2015 untuk periode sampai sampai dengan 31 Desember 2022.

Pada 22 Oktober 2015, ANTAM meraup dana sebesar Rp5,3 triliun dari penawaran umum terbatas I (PUT). Dana tersebut direncanakan digunakan sebagian besar untuk proyek pembangunan pabrik feronikel tahap I di Halmahera Timur, Maluku Utara dan untuk modal kerja perseroan dan pengembangan usaha.

ANTAM melaporkan hasil realisasi penggunaan dana dari 2015 sampai 2022 sebesar Rp4,3 triliun. Dengan rincian untuk pembangunan proyek sebesar Rp3,4 triliun dan untuk modal kerja sebanyak Rp871 miliar.

Sehingga, total realisasi penggunaan dana sebesar Rp4,3 triliun yang menyisakan Rp987 miliar dari dana hasil penawaran umum.

Sementara itu, pabrik feronikel di Haltim tersebut rencananya akan mulai beroperasi pada paruh kedua 2023 mendatang. ANTAM mengatakan infrastruktur pendukung pabrik tersebut saat ini yang telah memasuki fase konstruksi proyek.

Pengoperasian pabrik itu juga sebagai implementasi inisiatif strategis pengembangan berbasis hilirisasi guna meningkatkan nilai tambah komoditas produk tambang serta memperkuat bisnis inti perusahaan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Penjualan Emas Aneka Tambang Naik 31%, Investor Cari Aman?


(Zefanya Aprilia/ayh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading