Jokowi: Ekonomi Maluku Utara Tumbuh 27%, Tertinggi di Dunia

Market - Arrijal Rachman, CNBC Indonesia
30 November 2022 11:41
Presiden Joko Widodo Saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022. (Tangkapan Layar via Youtube Bank Indonesia) Foto: Presiden Joko Widodo Saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022. (Tangkapan Layar via Youtube Bank Indonesia)

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan ekonomi nasional berhasil tumbuh positif pada kuartal III-2022, di tengah banyak negara yang melambat bahkan jatuh ke jurang resesi.

Kabar yang paling mengejutkan selain itu adalah Maluku Utara yang ekonominya tumbuh sampai 27% atau tertinggi di dunia.

"Pertumbuhan ekon tinggi di dunia itu Maluku Utara coba cek provinsi 27%," ungkap Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Rabu (30/11/2022).

Hal ini disebabkan oleh hilirisasi nikel yang dijalankan pemerintah bersama swasta dalam beberapa tahun terakhir. Ketika harga nikel naik, maka daerah tersebut mendapatkan keuntungan besar.

"Karena apa, lompatan itu karena hilirisasi. di situ ada industri smelter ini akan tumbuh kalau disana tambah industri turunan nikel bisa dikerjakan di Maluku Utara," terangnya.

Meski demikian, Jokowi mengingatkan bahwa hal tersebut tidak akan berlangsung terus menerus. Harga akan turun dan tentunya memberikan dampak negatif terhadap perekonomian daerah.

"Saya berikan contoh Maluku Utara ada Gubernur Maluku Utara hati hati, hati hati jangan main main karena pertumbuhan ekon di Maluku Utara 27%," kata Jokowi.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Tak Cuma Jokowi-Sri Mulyani, BI Juga Ramal Dunia Gelap 2023!


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading