BRI Gandeng Bio Farma Sediakan Layanan di Industri Farmasi

Market - Eqqi Syahputra, CNBC Indonesia
29 November 2022 17:03
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) kembali menunjukan tajinya sebagai perusahaan dengan manajemen terbaik khususnya di bidang HR atau SDM. BRI memperoleh penghargaan internasional bergengsi yakni sebagai salah satu tempat bekerja terbaik di Asia atau Best Companies to Work For in Asia. Penghargaan diberikan oleh HR Asia Media, media di bidang HR profesional terpercaya di Asia. Foto: Gedung BRI (Foto: ist)

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk resmi menggandeng PT Bio Farma (Persero) untuk menyediakan layanan perbankan secara holistik di bidang industri farmasi.

Sinergi ini membuat BRI menjadi perbankan yang kini dapat memfasilitasi layanan business card dalam marketplace obat-obatan Medicine Distribution Business Zone atau Medbiz by Bio Farma.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengungkapkan kolaborasi BRI bersama Bio Farma ini merupakan salah satu komitmen BRI dalam menyediakan layanan keuangan yang holistik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

"Sinergi bersama Bio Farma ini merupakan upaya BRI dalam memberikan aksesibilitas dan kemudahan bagi masyarakat untuk memanfaatkan layanan keuangan dari BRI. Kolaborasi serupa akan terus kami tingkatkan sebagai salah satu langkah BRI merespon dari customer behavior yang berubah semenjak pandemi COVID-19," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (29/11/2022).

Penyediaan fasilitas tersebut diharapkan memberikan kemudahan bagi pelaku industri farmasi yang bertransaksi melalui MedBizz by Bio Farma. Medbiz sendiri merupakan marketplace end- to-end distribusi obat-obatan dan alat Kesehatan yang ditujukan bagi retailer agar terhubung dengan multi distributor/seller di bidang farmasi.

Melalui business card yang disediakan BRI, nasabah dapat melakukan transaksi dengan limit hingga Rp 200 juta. Dengan begitu, diharapkan layanan perbankan BRI mampu menjadi pilihan bagi apotek/klinik mandiri yang hendak melakukan pembelian obat-obatan melalui MedBiz.

Tidak hanya itu, BRI dan BioFarma juga bekerja sama dalam penyediaan layanan paylater CERIA dan fitur pembayaran BRIVA. Sebagai informasi, CERIA merupakan layanan pinjaman digital yang memberikan kemudahan untuk pembiayaan transaksi melalui e-commerce dengan limit hingga Rp 20 juta dan proses hanya dalam waktu kurang dari 10 menit.

Produk ini telah menggunakan teknologi digital verification, credit scoring, dan digital signature. Selain itu, ada juga fitur pembayaran BRIVA hadir untuk memberikan kemudahan bagi mitra bisnis dalam melakukan transaksi melalui MedBiz.

Sementara itu, Direktur Utama Bio Farma Honesti Basyir mengatakan kehadiran Medbiz melalui kekuatan ekosistem Holding BUMN Farmasi, Bio Farma sebagai induk bersama Kimia Farma dan Indofarma menjadi bukti komitmen Holding BUMN Farmasi dalam memanfaatkan Transformasi Digital.

"Hal ini diwujudkan dalam bentuk marketplace end-to-end di bidang distribusi obat- obatan dan alat Kesehatan yang diharapkan dapat menjadi solusi terbaik untuk berbagai kebutuhan produk kesehatan di Indonesia," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Upaya Ciptakan Talenta Unggul Lewat BRILiaN Young Leader


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading