Cerai dengan Ronaldo, Saham MU Malah Terbang 15%

Market - maesaroh, CNBC Indonesia
23 November 2022 10:47
Cristiano Ronaldo walks on the pitch during a Portugal soccer team training in Oeiras, outside Lisbon, Monday, Nov. 14, 2022. Portugal will play Nigeria Thursday in a friendly match in Lisbon before departing to Qatar on Friday for the World Cup. (AP Photo/Armando Franca) Foto: AP/Armando Franca

Jakarta, CNBC Indonesia - "Perceraian" Cristiano Ronaldo dan Manchester United (MU) mungkin membuat sebagian fans MU marah atau bersedih. Namun, "perceraian" tersebut malah disambut bahagia pelaku pasar. Saham Setan Merah-julukan MU- mala terbang pada perdagangan kemarin.

Merujuk data Refinitiv, saham dengan kode MANU dan terdaftar di bursa New York tersebut ditutup di posisi US$ 14,94 per lembar.  Harganya melonjak 14,66% sehari, Harga tersebut juga menjadi yang tertinggi sejak 12 September 2022 atau dua bulan lebih.  Kenaikan saham sebesar 14,66% sehari juga menjadi yang tertinggi sepanjang tahun ini.



Kenaikan saham setidaknya menjadi sinyal bahwa kepergian Ronaldo yang akrab disapa CR7 dari Old Trafford menjadi jalan tengah terbaik di tengah meruncingnya sejumlah persoalan dirinya dan klub.

Kepergian Ronaldo juga akan mengurangi beban keuangan klub. Pemilik lima trofi Ballon d'Or tersebut digaji 385 ribu pounds atau sekitar Rp 7,2 miliar per pekan.  

Seperti diketahui, MU pada Rabu (23/11/2022) mengumumkan jika mereka berpisah jalan dengan CR7.

"Cristiano Ronaldo akan meninggalkan Manchester United berbekal kesepakatan bersama," tulis manajemen.

Setan Merah berterima kasih atas konstribusi Ronaldo selama dua periode membela United. Total 145 gol dibukukan dalam 346 penampilan.

"Klub mendoakan yang terbaik untuknya dan keluarganya di masa depan," tulis manajemen.

Melalui akun media sosialnya, Ronaldo mengonfirmasi 'perceraian' dengan MU.

"Menyusul pembicaraan dengan MU, kami telah sepakat untuk mengakhiri kontrak kita," katanya.

CR7 mengaku mencintai MU maupun para fans. Hal itu tidak akan pernah berubah.

"Saya merasa ini waktu yang tepat untuk mencari tantangan baru. Saya berharap yang terbaik untuk Manchester United," ujar CR7.

Meski tidak dijelaskan penyebabnya, perceraian Ronaldo dan MU kemungkinan terjadi karena wawancara kontroversialnya dengan jurnalis asal Inggris Piers Morgan.

Dalam wawancara tersebut, pemain berusia 37 tahun itu mengkritik keras pelatih mereka Erik Ten Hag dan pemilik klub Malcolm Glazer. Hubungan CR7 dengan Ten Hag memang tidak harmonis karena Ronaldo kerap dicadangkan.

Ronaldo dibeli kembali oleh MU dari Juventus pada musim 2021/2022. Sebelumnya, pemain asal Portugal tersebut pernah menjadi tulang punggung Setan Merah di bawah pelatih Sir Alex Ferguson pada 2003-2009.

Uniknya, MU bukanlah satu-satunya klub yang sahamnya naik ketika ditinggal Ronaldo. Saham Juventus juga di bursa Milan (Italia) naik 1,23% ke EUR 0,78/unit pada akhir September 2021 begitu mengumumkan kepergian Ronaldo.

Selain Ronaldo, faktor penopang kenaikan saham Setan Merah adalah isu jika keluarga Glazer akan menjual klub berusia 144 tahun tersebut. 
TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

IHSG Balas Dendam, tapi Apa Kuat ke 7.000 Lagi?


(mae/mae)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading