10 Saham Yang Banyak Dibeli Asing, Juaranya Tak Terduga

Market - Ayyi Hidayah, CNBC Indonesia
18 November 2022 09:55
Karyawan melintas di samping layar elektronik yang menunjukkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (11/10/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto) Foto: Karyawan melintas di samping layar elektronik yang menunjukkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa (11/10/2022). (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Aksi jual atau beli yang dilakukan investor asing terkadang masih menjadi patokan bagi investor domestik dalam berinvestasi saham.

Sepanjang pekan ini, aksi jual dan beli investor luar negeri terpantau cukup ramai di bursa Indonesia. Lalu siapa saja yang paling banyak dikoleksi oleh asing sahamnya, berdasarkan nilai beli bersihnya, berikut daftarnya.

Pada urutan pertama, saham yang paling banyak dibeli oleh investor asing adalah PT Trans Power Marine Tbk (TPMA). Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (18/11/2022), asing memborong saham TPMA sebanyak Rp 150 miliar.

Di posisi kedua ditempati oleh saham emiten sawit PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) yang diboyong asing sebanyak Rp 109,55 miliar. Kemudian di posisi ketiga ada saham PT Capital Financial Indonesia Tbk (CASA) yang digenggam asing sebesar Rp 60 miliar.

Lalu di peringkat keempat ada saham PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang dibeli asing senilai Rp 21,83 miliar, dan melengkapi posisi lima besar ada saham PT Ciputra Development Tbk (CTRA) yang dibeli asing sejumlah Rp 15 miliar.

Berikutnya di posisi keenam ada saham PT Sinarmas Multiartha Tbk (SMMA) yang diangkut asing sebanyak Rp 11,35 miliar, dan di peringkat ketujuh ada saham PT Allo Bank Indonesia Tbk (BBHI) yang dibeli asing senilai Rp 10,75 miliar.

Sementara di peringkat kedelapan adalah saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) yang disikat asing sebanyak Rp 6,04 miliar, dan di peringkat kesembilan ada saham PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) yang dibeli investor asing senilai Rp 5,46 miliar.

Kemudian melengkapi posisi sepuluh besar ada saham PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) yang diakumulasi asing sebanyak Rp 5,45 miliar.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Banyak Direksi Emiten Mundur Dari Jabatannya, Siapa Saja?


(ayh/ayh)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading