Hore! Kamu Masih Bisa Beli Rumah & Mobil Tanpa Uang Muka

Market - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
03 November 2022 11:37
Perry Warjiyo dalam acara konferensi pers hasil rapat berkala KSSK IV tahun 2022. (Tangkapan layar Youtube Kemenkeu RI) Foto: Perry Warjiyo dalam acara konferensi pers hasil rapat berkala KSSK IV tahun 2022. (Tangkapan layar Youtube Kemenkeu RI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memberikan kabar baik bagi kamu yang ingin beli properti atau kendaraan bermotor. BI bakal memperpanjang uang muka atau down payment (DP) 0% untuk keduanya.

"DP 0% untuk semua jenis properti, rumah tapak, apartemen, ruko atau rukan," ujarnya dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Kamis (3/11/2022).

Perpanjangan kebijakan ini berlangsung mulai 1 Januari 2023 hingga 31 Desember 2023. "Relaksasi ini dilakukan untuk mendorong pertumbuhan di sektor properti.

Kebijakan serupa juga dilakukan di sektor otomotif. DP 0% juga diberlakukan untuk kredit mobil maupun motor. Alasannya sama, untuk menjaga pertumbuhan di sektor ini.

Tentu, tidak semua lembaga pembiayaan atau bank bisa memberikan DP0%. Hanya lembaga keuangan atau bank dengan rasio kredit macet atau net performing loan (NPL) dan non performing financing (NPF) tertentu yang bisa menyalurkan pembiayaan dengan DP 0%.

Perry juga menambahkan, arah kebijakan bank sentral ke depan tetap sama, yakni menjaga stabilitas di tengah dinamika perekonomian global.

"Kebijakan moneter untuk menjaga stabilitas ekonomi, pro stabilitas termasuk penahan kejutan dari dampak ketidakpastian global," kata Perry.

Perry menegaskan, bank sentral akan tetap menggunakan instrumen kebijakan lainnya seperti digitalisasi, pendalaman pasar keuangan, hingga inklusi keuangan yang diarahkan untuk pemulihan perekonomian nasional.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Sektor Properti Mulai Bangkit? Simak Kinerja Sahamnya!


(cap/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading