Kontribusi PNBP Signifikan, PTBA Raih Penghargaan Subroto

Market - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
05 October 2022 11:25
PTBA Foto: Dok PTBA

Jakarta, CNBC Indonesia - Anggota Holding industri Pertambangan MIND ID, yang mengelola komoditas batu bara yakni PT Bukit Asam Tbk (PTBA), menyabet Penghargaan Subroto 2022 Bidang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Mineral dan Batubara. Penghargaan tersebut diberikan kepada wajib pajak dengan tingkat pembayaran PNBP tertinggi.

Seperti diketahui pada 2021, total PNBP yang disetor PTBA mencapai Rp 2,3 triliun. Sedangkan untuk 2022, kontribusi PTBA dipastikan naik signifikan mengingat per Semester I-2022, PTBA sudah menyumbang PNBP sebesar Rp 6,3 triliun.

Direktur Utama PTBA Arsal Ismail menyatakan perusahaan menjaga ketahanan energi nasional dan memberikan kontribusi yang optimal pada negara. Hal ini merupakan perwujudan dari tujuan mulia (noble purpose) MIND ID, yaitu pertambangan untuk kemakmuran dan masa depan yang lebih baik.

"Dengan visi menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia, Bukit Asam berharap dapat terus berperan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendukung pembangunan nasional, dan memajukan Indonesia. Kami berkomitmen terus memberikan kontribusi yang optimal," ungkap dia dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (5/10/2022).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan apresiasi atas usaha dan inovasi yang telah dikembangkan oleh penerima Penghargaan Subroto 2022 dalam memajukan sektor ESDM.

"Saya mengucapkan selamat kepada para penerima Penghargaan Subroto 2022. Prestasi dan sumbangsih tanpa pamrih sekalian memiliki makna besar bagi kemajuan bangsa. Semoga dengan dilaksanakannya Penghargaan Subroto 2022, seluruh stakeholder sektor ESDM tetap memantapkan niat, kontribusi, dan kerja keras bersama untuk mewujudkan sektor ESDM yang dapat memberikan manfaat optimal bagi semua pihak," ujar dia.

Sebagai informasi, penghargaan Subroto merupakan penghargaan tertinggi sektor energi dan sumber daya mineral. Penghargaan ini diberikan kepada para pemangku kepentingan yang telah melakukan kinerja terbaik dalam memajukan sektor energi dan sumber daya mineral.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Atasi Perubahan Iklim, PTBA Gelar Kompetisi Greenovator


(rah/rah)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading