Omnibus Law Sektor Keuangan

Siap-siap Bank Bakal 'Dikekang', Bunga Kredit Wajib Ikut BI

Market - Cantika Adinda Putri & Astrid Nicolien, CNBC Indonesia, CNBC Indonesia
27 September 2022 15:05
Gedung BI Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Luthfi Rahman

Jakarta, CNBC Indonesia - Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) alias Omnibus Law Keuangan akan mengatur transmisi suku bunga moneter ke suku bunga kredit dan simpanan di perbankan yang lebih cepat ke depannya.


Seperti diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pekan lalu telah menyepakati Rancangan Undang-Undang tentang Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (PPSK) alias Omnibus Law Keuangan inisiatif Komisi XI untuk dilanjutkan menjadi RUU Usulan DPR RI.

Dengan RUU PPSK ini, sederet aturan Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) dirombak.

Adapun, pasal 8AB dalam RUU PPSK mengungkapkan bahwa bank umum akan diwajibkan segera menyesuaikan ambang suku bunga kredit paling lama tujuh hari setelah BI menetapkan penyesuaian suku bunga acuannya.

Wakil Ketua Komisi XI Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Amir Uskara mengungkapkan penambahan usulan klausul ini karena selama ini disaat BI sudah menyesuaikan, terutama saat menurunkan suku bunga kebijakan seven days repo rate (BI7DRR), perbankan tidak langsung mengikuti.

"Misalnya suku bunga BI7DRR turun harusnya diikuti oleh perbankan. Karena selama ini turun, perbankan tetap saja. Artinya tujuan untuk pergerakan ekonomi tidak maksimal," tutur Amir.

Kendati demikian, pertimbangan penyesuaian bank umum untuk menyesuaikan suku bunga perbankan dalam tujuh hari masih akan mendapat masukan dari otoritas yang lain nantinya.

"Itu akan jadi debatable, itu akan menjadi pertimbangan. Konsepnya itu ketika ada perubahan suku bunga harusnya ikut. Jangan sudah dua tahun (turun), tapi kok gak berubah," jelas Amir.

Komisi XI mempercayai bahwa BI akan memperhitungkan sekali mengenai suku bunga kebijakan ini. "Insyaallah kalau itu sudah dihitung sama BI sebelum menentukan kebijakan," jelas Amir.

Sebagai catatan, transmisi suku bunga BI ke suku bunga kredit dan suku bunga dana di perbankan memerlukan waktu hingga dua kuartal atau sekitar enam bulan. Biasanya transmisi ini bergantung pada kondisi likuiditas di perbankan.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Terungkap! Rahasia BI Tak Mau Kerek Suku Bunga Acuan Kayak AS


(haa/haa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading