Bos Astra Kode Keras Bakal Terus Tambah Saham Hermina (HEAL)

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
22 September 2022 19:07
Presiden Direktur PT Astra International Tbk (ASII) Djony Bunarto Tjondro Foto: Presiden Direktur PT Astra International Tbk (ASII) Djony Bunarto Tjondro

Jakarta, CNBC Indonesia - PT Astra International Tbk (ASII) kembali menambah kepemilikan saham PT Medialoka Hermina Tbk (HEAL). Transaksinya dilakukan pada 16 September kemarin.

Pada tanggal tersebut, ASII membeli 140,29 juta saham dengan rata-rata harga Rp 1.375 per saham. Artinya, perusahaan mengeluarkan Rp 192,91 miliar untuk transaksi tersebut.

Sebelum adanya transaksi, porsi kepemilikan ASII atas HEAL sebesar 6,50% atau setara 970,52 juta saham HEAL. Setelah transaksi, porsinya bertambah jadi 1,11 miliar atau setara 7,45% saham HEAL.


Direktur Astra International Gidion Hasan mengatakan, Astra secara berkala melakukan tinjauan strategis terhadap lini bisnis tersebut. Bahkan, jika merasa investasi tersebut dapat saling menguntungkan, perseroan dapat menambah kepemilikan saham.

"Jika kami merasa bisa memberikan nilai tambah ke Hermina dan Hermina bisa memberikan sinergi, kalau ada peluang kami akan menambah (saham) di RS Hermina. Terlebih, jika kolaborasi ini juga memberikan nilai lebih untuk stakeholder," jelasnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (22/9/2022).

Ia menambahkan, pihaknya juga akan berkolaborasi dengan Hermina dan Halodoc yang akan meningkatkan sektor kesehatan secara keseluruhan.

Secara terpisah, Direktur Medikaloka Hermina Aristo Setiawidjaja mengatakan apa yang dilakukan Astra adalah strategic partnership. "Kepercayaan Astra kepada Hermina saat ini masih secara alami adalah kepemilikan saham namun belum sampai ke tahap kontrol kepada Hermina dan Hermina belum dianggap menjadi anak usaha, namun strategic partnership," tegas Aristo.

Aristo juga menyebutkan, saat ini ada inisiatif yang memudahkan pengguna asuransi Astra Life untuk mendapatkan pelayanan berbasis digital dari Hermina.

"Ada strategi inisiatif lain yang akan kami ungkap pada saatnya, namun saat ini ada kerja sama dari segi infoteknologi, Astra akan lebih kompetitif dan Hermina akan mendapatkan keuntungan dari pasien yang dirujuk ke Hermina," jelas Aristo.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Elon Musk Dapat Komplain dari Tim Legal Twitter, Kenapa?


(RCI/dhf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading