Ini Dia Orang Indonesia yang Jadi Taipan di Singapura!

Market - Tim Riset, CNBC Indonesia
22 September 2022 10:25
Leo Koguan (Tangkapan Layar via Peking University Education Foundation (USA)) Foto: Leo Koguan (Tangkapan Layar via Peking University Education Foundation (USA))

Jakarta, CNBC Indonesia - Majalah Forbes kembali merilis deretan orang terkaya di Singapura. Ternyata, salah satunya ada yang berdarah Indonesia, yakni Leo Koguan yang masuk dalam urutan peringkat ketujuh di deretan miliarder negeri Singa tersebut.

Leo Koguan lahir di Indonesia pada tahun 1955, kemudian dia pindah ke Amerika Serikat dan menyelesaikan gelar Masternya di Universitas Columbia. Ia juga berhasil mendapatkan gelar hukum dari Sekolah Hukum New York yang bergengsi.

Saat ini, Koguan tinggal di Singapura dan berhasil menempati peringkat ke-7 orang paling kaya di Singapura dengan kekayaan ditaksir senilai US$ 7,6 miliar atau setara sekitar Rp 113,7 triliun (asumsi kurs Rp 15.000/US$).

Koguan merupakan pendiri SHI International Corp yang bermarkas di Somerset, New Jersey. Sumber kekayaannya berasal dari perusahaan pengecer perangkat lunak yang ia beli bersama istrinya, yaitu Thai Lee pada 1989 silam yang kemudian menjadi SHI International.

Kemudian, ia serahkan manajemen perusahaan kepada Lee yang menjadi CEO. Namun, Koguan tetap pemilik saham besar dalam bisnis, dan menjabat sebagai ketua dewan.

Kini, SHI International Corp telah memiliki lebih dari 20.000 pelanggan seperti Boeing dan AT&T. Pendapatan perusahaannya ditaksir menyentuh US$ 11 miliar per tahun atau sekitar Rp 165 triliun (kurs Rp 15.000/US$).

Selain itu, ia juga merupakan salah satu pemegang saham individu terbesar ketiga di Tesla Inc, setelah Elon Musk dan Larry Ellison.

Hal tersebut bermula dari kondisinya yang hampir bangkrut pada awal pandemi Covid-19 karena pasar ekuitas jatuh, Koguan memutuskan menjual sebagian sahamnya seperti Baidu, Nvidia, China Mobile, dan Nio. Kemudian, hasil penjualan sahamnya itu digunakan untuk membeli saham Tesla, istilahnya untuk investasi jangka panjang di masa pandemi.

"Saya menganggap diri saya sebagai fanboy Elon. Saya akan mengatakan bahwa dia adalah satu-satunya orang yang saya hormati di bumi," ujar Leo Koguan.

Siapa sangka, investasi itu berbuah manis. Beberapa waktu lalu, saham Tesla sempat meroket. Lewat Twitter dan LinkedIn, Leo Koguan menegaskan dirinya merupakan pemegang saham Tesla individu terbesar ketiga. Klaim tersebut tampaknya dibenarkan oleh seorang juru bicara perusahaan, Martin Viecha.

Pada akhir tahun 2021, dirinya pun sempat viral ketika membeli Penthouse di Singapura seharga Rp 803 miliar. Bertengger di atas gedung tertinggi di Singapura, Tanjong Pagar Centre, penthouse super itu memiliki lima kamar tidur dilengkapi dengan gudang anggur 600 botol.

Bukan cuma itu, apartemen ini juga mencakup kolam renang, jacuzzi, dan taman pribadi dengan pemandangan kota, pernah dihargai SG$ 100 juta, menjadikannya penthouse termahal di negara itu.

TIM RISET CNBC INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Surya Darmadi Koruptor Terbesar, Pernah Jadi Orang Terkaya RI


(aaf/vap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading