Erick Ajak BUMN Gunakan Mobil Listrik, Ini Kata Bos BTN

Market - Romys Binekasri, CNBC Indonesia
15 September 2022 21:25
BTN Foto: Reuters

Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir meminta, agar para karyawan di lingkungan perusahaan BUMN menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan. Dalam hal ini motor atau mobil listrik.

Direktur Utama PT Bank Tabungan Rakyat (Persero) Tbk (BBTN) Haru Koesmahargyo mengatakan, pihaknya mendukung terhadap penerapan kebijakan tersebut. Sebab, bisnis perseroan saat ini juga mengarah pada perusahaan berbasis environmental, social, and corporate governance (ESG).

"Untuk mobil listrik tentu kami lakukan. Memang kami mengarah ke perusahaan ESG, ini adalah tema yang kita kembangkan," ujarnya dalam Publik Expose yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (15/9/2022).

Haru melanjutkan lebih jauh, saat ini perseroan juga mulai berfokus pada pemberian kredit bagi perusahaan industri kendaraan listrik atau mobil listrik, Hal tersebut bertujuan untuk mendukung transformasi di sektor transportasi dalam penggunaan kendaraan listrik di Indonesia.

"Kami akan komit juga untuk dukungan keuangan kepada industri terkait mobil listrik," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri Erick Thohir menyebut BUMN sebagai salah satu pilar ekonomi nasional yang memiliki peran dan tanggung jawab dalam mewujudkan komitmen pemerintah, termasuk dalam percepatan transisi energi berkelanjutan.

Erick menyebut, penggunaan kendaraan listrik di lingkungan BUMN baik motor maupun mobil akan berlaku bagi kendaraan karyawan maupun kendaraan dinas.

"Untuk itu kami bersepakat mendorong penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai baik kendaraan roda dua maupun roda empat di lingkungan BUMN, dalam rangka kepemilikan kendaraan bagi karyawan dan kendaraan dinas," ujarnya melalui akun sosial media Instagram, Selasa (13/9/2022).

Namun, Erick menambahkan, tentunya penerapan kebijakan tersebut dengan tetap memperhatikan azas manfaat dan kemampuan masing-masing BUMN.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Erick Thohir Target 25% Perempuan Pimpin BUMN Tahun Depan


(mij/mij)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading